Visit Raja Ampat

Categories

Kalender

June 2015
M T W T F S S
« May   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
Poros Berita ... Pusat Berita Indonesia......

Go-Jek Terobosan Cantik, Tapi Perlu Diikuti Aturan

Go-Jek menjadi tren baru sebagai angkutan perkotaan untuk membelah kemacetan Jakarta

Go-Jek menjadi tren baru sebagai angkutan perkotaan untuk membelah kemacetan Jakarta

JAKARTA, PORTA – Meski ojek terbilang sebagai terobosan yang positif, tapi jenis angkutan untuk membawa penumpang tetap dianggap melanggar aturan hukum. Sebab, kendaraan ini tidak masuk dalam jenis angkutan umum yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

Menurut pengamat kebijakan publik Agus Pambagio, munculnya angkutan roda dua berupa ojek, karena negara belum memberi peraturan perundangan bagi angkutan tersebut. Padahal, kondisi angkutan itu sangat mendesak untuk di kota-kota besar yang selalu marak dengan kemacetan.

“Ojek itu bukan angkutan umum, kecuali dengan aturan khusus untuk tukang pos. Tetapi ketika muncul Go-Jek, secara aturan aplikasi tidak masalah, karena itu dianggap sebagai terobosan memecah kemacetan,” kata dia dalam acara diskusi di Jakarta, Rabu (17/6/2015).

Akhirnya, imbuh dia, keberadaan ojek memunculkan polemik baru. Satu sisi dibutuhkan sebagai angkutan menjawab kemacetan. Di sisi lain, ojek tidak masuk kategori angkutan umum.  “Tidak ada aturan dalam UU Nomor 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan soal ojek. Tapi ini terobosan cantik dan perlu diikuti peraturan,” ungkapnya.

Atas dasar ini, Agus mengharapkan adanya perubahan atau revisi UU yang mengatur tentang keberadaan jenis angkutan umum roda dua itu. Hal tersebut penting dilakukan, kalau memang pemerintah ingin memperbolehkan ojek maupun Go-Jek beroperasi menjadi angkutan umum.

“Itu (Go-Jek) memang penolong bagi pekerja tukang ojek, agar mereka bisa lebih sejahtera. Kalau mau disahkan, ya segera ubah dulu UU tentang LLAJ itu atau setidaknya perlu direvisi. Ya harus dilakukan itu. Kalau tidak ada peraturan, (Go-Jek) ya ditutup,” tandasnya.(nas)

One Response to Go-Jek Terobosan Cantik, Tapi Perlu Diikuti Aturan

  1. Pengamat Indonesia Reply

    20/06/2015 at 11:04 AM

    Pemerintah ga jelas.. kalau ada terobosan, ya dilindungi dulu, karena inovatif.. bukan malah mau dimatikan. Kasus ini artinya, swasta lebih pintar dari pemerintah, swasta bergerak, pemerintah baru mengikuti…baru bingung dengan UU dan Aturan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *