Visit Raja Ampat

Categories

Kalender

May 2017
M T W T F S S
« Apr   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
Poros Berita ... Pusat Berita Indonesia......

Massa Buruh Bubar, Jokowi pun Tiba di Tanah Air

Jokowi ketika mendeklarasikan Revolusi Mental menjelang Pilpres 2014 lalu

Jokowi 

JAKARTA, PORTA – Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Jokowi kembali ke Tanah Air dari Filipina dan Hong Kong setelah aksi buruh dalam rangka hari buruh (May Day) bubar.

Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, dalam siaran pers mengungkapkan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden Joko Widodo tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin, pukul 18.15 WIB, seperti dilansir dari Antara.

Di Filipina, Presiden menghadiri KTT ASEAN ke-30 di Manila dan meresmikan rute pelayaran Ro-Ro Davos-Bitung, sedangkan di Hong Kong, Presiden dan Iriana bertemu dengan ribuan WNI di sana.

Agenda lainnya adalah bertemu dengan Kepala Eksekutif Hong Kong Chun-Ying Leung, mengunjungi Museum Madame Tussauds dan bertemu pebisnis.

Turut menyertai Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana dalam penerbangan dari Hong Kong menuju Jakarta, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Komandan Paspampres Brigjen TNI (Mar) Suhartono, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Noegroho, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dan Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Ari Setiawan.

Presiden dan Ibu Iriana antara lain disambut Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri BUMN Rini Soemarno, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Sebelumnya, massa buruh yang melakukan aksi demonstrasi pada Hari Buruh atau May Day 2017 mulai melakukan “long march” menuju Istana Merdeka Jakarta agar bisa menemui Presiden Jokowi untuk menyampaikan tuntutan, sementara Presiden sedang berada di Hong Kong.

Massa buruh yang datang dari berbagai elemen di wilayah Jabodetabek itu telah berkumpul sejak pukul 09.00 WIB dan akan mulai “long march” menuju Istana Merdeka Jakarta, rencananya pada pukul 11.00 WIB, Senin.

Massa buruh ingin menemui Presiden Joko Widodo untuk menyampaikan tuntutan di antaranya penghapusan pemagangan dan outsorching, revisi jaminan sosial, dan penolakan terhadap rezim upah murah.

Pada kesempatan yang sama Presiden Jokowi sedang berada di Hong Kong untuk melaksanakan rangkaian kunjungan kerjanya.

Massa buruh yang mencapai ribuan itu telah bersiap di beberapa titik kumpul dan terpusat di antaranya di Bundaran Patung Arjuna Wiwaha, di depan Gedung Indosat, Jakarta Pusat.

Massa akhirnya membubarkan diri sekitar pukul 17.00 WIB ditengah guyuran hujan deras. (wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *