Wed. Mar 27th, 2019

KPK Bidik Anggota DPRD Bekasi Terkait Kasus Meikarta

Neneng, Bupati Bekasi

Porosberita.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membidik Anggota DPRD Kabutaen Bekasi. Diduga, sejumlah anggota dewan Kabupaten Bekasi pelesir ke Thailand menggunakan uang dari Meikarta.

“Untuk dugaan aliran dana, itu memang kami mengidentifikasi tidak hanya terhadap para tersangka yang sudah ditetapkan. Ada dugaan aliran dana pada sejumlah pihak,” ungkap Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Rabu (27/2/2019).

Menurut Febri, aliran dana proyek Meikarta diterima oleh pihak lain yang belum menjadi tersangka. Di antaranya ke Anggota DPRD Bekasi yang saat ini masih berstatus sebagai saksi.

Adapun dugaan fasilitas wisata ke Thailand yang diterima oleh Anggota DPRD itu, berkaitan dengan proses perubahan aturan tata ruang proyek Meikarta.  “Keterkaitan tidak langsung terhadap dugaan penerimaan fasilitas atau uang oleh anggota DPRD itu terkait dengan kewenangan anggota DPRD di kabupaten Bekasi karena ada keinginan atau upaya melakukan perubahan peraturan tata ruang,” kata Febri.

Untuk itu, pihaknya tidak akan berhenti mengusut aliran dana kepada pihak-pihak yang sudah terjerat saat ini. KPK akan mengembangkan perkara ini dan membuka peluang untuk menjerat tersangka lainnya.

“Tentu tetap kami kembangkan sepanjang nanti teruji di fakta persidangan, dan memang bukti-buktinya dapat dicermati lebih lanjut,”tegasnya

Sejauh ini, KPK mengidentifikasi lebih dari 20 orang anggota DPRD Kabupaten Bekasi diduga menerima pembiayaan dari Meikarta untuk berlibur ke Thailand. (rid)