Sun. Sep 22nd, 2019

NasDem Nilai Pemerintah Perlu Sadarkan Diaspora Kembali ke Tanah Air

Ketua DPP Partai Nasdem Martin Manurung

Porosberita.com, Jakarta – Partai Nasional Demokrat (NasDem) menilai pemerintah perlu menyadarkan diaspora agar kembali ke Tanah Air, karena masih banyak yang bisa dilakukan di negeri sendiri.

Ketua DPP Partai Nasdem Martin Manurung lantas menyarankan pemerintah juga harus memperbaiki sistem yang ada agar pada diaspora tertarik kembali ke Tanah Air. “Sehingga kalau pun ada perbedaan jangan jauh-jauh dari luar negeri,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Martin pun mencontohkan sistem yang perlu diperbaiki, seperti kemudahan bagi diaspora yang ingin membuat usaha. Baik dari perizinan ataupun akses terhadap modal.

“Jadi orang-orang yang punya kemampuan skill bagus bisa punya kemudahan usahanya dan rantai perizinan tidak terlalu panjang. Saya kita ini yang sedang dilakukan pemerintah,” lanjutnya.

Martin mengaku dirinya sebagai diaspora yang mendapat beasiswa kuliah di Inggris , akhirnya memilih pulang ke Tanah Air untuk membangun bangsa. “Bukan saya enggak ada kesempatan di sana, tawaran banyak. Saya mending kembali ke negeri saya. Ini soal keinginan dan pengorbanan,” kata dia.

Sementara itu, Politikus Partai Nasdem Shanti Ramchand menyampaikan hal serupa. Dia meminta pemerintah mendorong para diaspora atau warga Indonesia yang bekerja atau menetap di luar negeri untuk kembali ke Tanah Air.

Shanti menilai, potensi mereka diyakini mampu memberikan sumbangsih bagi negara.

“Pemerintah perlu memberikan ruang dan tempat sesuai dengan kompetensi yang dimiliki masing-masing diaspora, tarik mereka untukberkontribusi dalam pembangunan bangsa,” kata Shanti.

Dikatakan Sahnti, kepastian posisi, dapat dijadikan sebuah motivasi untuk kembali ke Indonesia. Sehingga ilmu-ilmu yang dimiliki mereka dapat diimplementasikan di Indonesia.

“Perlu dibuat sistem agar yang dari luar negeri ini mau pulang dan mendapatkan posisi tertentu. Kalau diberikan posisi tertentu, justru ada dedikasi dan motivasi yang lebih besar untuk mau kembali,” ujar Caleg Nasdem dari Dapil DKI Jakarta II itu.

Nyatanya, lanjut Shanti,  masih ada pihak yang justru merasa terancam akan adanya para diaspora. Hal itu yang menjadikan keengganan para diaspora untuk berkarya di negerinya sendiri.

Karena itu Shanti berharap agar pemerintah dapat benar-benar memanfaatkan aset-aset bangsa untuk meningkatkan daya saing di dunia internasional. (sur)