Wed. May 27th, 2020

Seluruh Pemerintah Finlandia Mengundurkan Diri Karena Kegagalan Reformasi Layanan Kesehatan

Porosberita.com, Finlandia – Seluruh pemerintah Finlandia telah mengundurkan diri setelah gagal mereformasi sistem kesehatan negara itu, dimana hal tersebut adalah salah satu kebijakan utamanya.
Pengumuman datang pada hari Jumat dari kantor presiden Finlandia.

Pengunduran diri Perdana Menteri Juha Sipila disetujui tetapi presiden telah meminta kabinetnya untuk tetap sebagai pemerintah sementara sampai yang baru ditunjuk.

Runtuhnya itu terjadi hanya satu bulan sebelum pemilihan parlemen diadakan setelah Sipila gagal mendorong reformasi.
Perubahan itu penting untuk rencana koalisi tiga partai yang berkuasa untuk menyeimbangkan keuangan publik.

Finlandia memiliki populasi yang menua yang mendorong biaya perawatan kesehatan, tetapi memotong anggaran itu secara politis sensitif di wilayah Nordik yang secara historis memberikan kesejahteraan sosial yang luas.

Kepala kelompok parlementer Partai Pusat partai perdana menteri, Antti Kaikkonen, tweet bahwa Sipila mengundurkan diri karena “reformasi kesehatan tidak dapat dicapai selama masa pemerintahan ini.”

Dia menambahkan bahwa beberapa pemerintah telah mencoba untuk mendorong reformasi selama 12 tahun terakhir.

Pemerintah mengklaim bahwa reformasi mereka dapat membatasi pertumbuhan tahunan biaya sosial dan kesehatan publik Finlandia menjadi 0,9% dari perkiraan saat ini 2,4% antara sekarang dan 2019.

Perdana menteri sebelumnya telah memperingatkan bahwa dia akan membubarkan pemerintah kanan-tengah jika dia tidak bisa mendapatkan reformasi melalui parlemen.(dp)

Dikutip dari : www.euronews.com