Wed. Oct 16th, 2019

Angkat Budaya Betawi, KPU Jakpus Dipuji Masyarakat

Deklarasi Pemilu Damai dalam acara sosialisasi KPU Jakpus bernuansa Betawi di Kemayoran, Jakpus.

Porosberita.com Jakarta – Masyarakat menilai acara sosialisasi yang digelar Komisi Pemilihan Umum Jakarta Pusat sangat tepat. Selain dapat menarik para pemilih milenial dan masyarakat umum untuk ikut sosialisasi, acara itu juga dianggap menghargai budaya lokal.

Apresiasi yang diberikan masyarakat itu terkait acara sosialisasi Pemilu yang digelar KPU Jakpus bernuansa Betawi dengan tema “Pemilih Berdaulat Negara Kuat “. Kegiatan tersebut dilaksanakan 23-24 Maret 2019 di  Tugu Ondel-ondel, Jl.Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakpus .

Sosialisasi yang diisi dengan Pesta Rakyat dan Konser Musik itu disambut cukup antusiasi oleh ribuan masyarakat yang datang berkunjung. “Mantap deh. Kalau ada musiknya kan kita pada betah. Kalao dengerin pidato melulu males,” ujar Sapri, Warga Kebun Melati, Jakpus.

Disisi lain, pengunjung juga mengapresiasi ide penyelenggara yang mengangkat budaya lokal. Terlebih, saat ini masih banyak generasi milenial yang mulai ‘meninggalkan’ budaya leluhurnya. “Ini baru gawenya anak Betawi. Saya salut dengan yang punya ide ini. Kalau bukan kite yang menghargai Betawi, siapa lagi?. Jadi, KPU Jakpus ini ibarat pepatah, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Sosialisasinya jalan sekaligus melestarikan budaya Betawi,” ujar Mat Adong, Warga Cempaka Putih, Jakpus.

Sementara Musfir Dahlan, komisioner KPU Jakarta Pusat mengatakan lokasi tersebut dipilih karena Ondel-ondel merupakan  salah satu ikon budaya Betawi. Dimana, budaya Betawi merupakan budaya inti kota Jakarta sebagaimana tertera dalam perda no.4 tahun 2015 tentang pelestarian budaya Betawi dan pergub no.11 tahun tentang ikon budaya Betawi. “Kita mau angkat kearifan lokal menampilkan kesenian tradisional Betawi seperti palang pintu, gambang kromong, tari betawi, kuliner betawi  yang  dikolaborasikan dengan musik moderen,” kata Musfir.

Sebelum dimulainya acara Pesta Rakyat dan Konser Musik, terlebih dulu dilaksanakan deklarasi pemilu damai penandatangan prasasti  oleh peserta Pemilu 2019 tingkat kota Jakarta pusat,  menandai dimulainya Kampanye Rapat Umum atau terbuka 24 Maret 2019.

Pembacaan deklarasi dipimpin Imam Hidayat  Ketua Komisioner KPU Jakarta Pusat. Hadir pada acara tersebut diantaranya, Bawaslu Jakarta Pusat, Wakil Walikota Jakarta Pusat Irwandi, Polres Jakarta Pusat,  Kasdim Jakarta Pusat,  dan perwakilan Peserta Pemilu 2019.

Para perwakiulan kontestan pemilu  berkomitmen untuk melakukan kampanye rapat umum sesuai dengan ketentuan yang berlaku secara aman dan damai. Serta melakukan kampanye bermartabat, tanpa hoax, tanpa politisasi SARA dan politik uang, (wan)