Sat. Sep 18th, 2021

Tiga Calon Sekjen KPK Segera Dites Wawancara

Porosberita.com, Jakarta – Sebanyak tiga orang calon Sekretaris Jenderal (Sekjen) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menjalani proses wawancara.

Ketiga calon Sekjen KPK yang akan melakukan proses wawancara itu, masing-masing Cahya Hardianto Harefa yang saat ini menjabat Direktur Pengaduan Masyarakat KPK, Hiskia yang saat ini sebagai inspektur Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan Wawan Wardiana yang saat ini menjabat Direktur Penelitian dan Pengembangan (Litbang) KPK.

“Akan dilakukan proses seleksi wawancara dengan panitia seleksi Sekjen KPK dan akan ditentukan apakah tiga calon ini akan dikirimkan ke Presiden untuk proses lebih lanjut atau terdapat pertimbangan lain. Berikutnya, Presiden yang akan memilih dan mengangkat Sekjen KPK dari calon yang disampaikan oleh pansel tersebut,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Febri menjelaskan bahwa ketiga calon Sekjen KPK itu telah melewati serangkaian tes mulai dari tahapan seleksi administrasi, kesehatan, dan “assessment” kompetensi.

“Panitia seleksi jabatan Sekjen KPK telah mendapatkan tiga orang calon lolos di tahap “assessment” kompetensi. Tiga orang ini disaring dari 200 orang pendaftar di seleksi gelombang III itu,” jelasnya.

Febri menambahkan, KPK memberikan ruang bagi masyarakat jika ada informasi tambahan terkait rekam jejak para calon ini. “Jika ada informasi tambahan mengenai rekam, kami persilahkan untuk disampaikan. Hal tersebut perlu dilakukan untuk memastikan pejabat yang akan menjalankan tugas sebagai Sekjen KPK dapat bekerja secara maksimal dalam memberikan dukungan utama terhadap kerja pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK,” pungkasnya. (wan)