Sun. May 9th, 2021

Calon Jemaah Haji Diimbau Siapkan Diri, Suhu Udara Tinggi di Mekkah

Porosberita.com, Jakarta – Calon jemaah haji diimbau untuk mempersiapkan diri dengan baik. Mengingat, suhu udara di Tanah Suci, Mekkah yang panas hingga lebih dari 40 derajat Celcius,

Melalui video rilis Kemenkes RI, tim Promotif Preventif Kemenkes RI, dr. Innes Ericca mengatakan bahwa selama berada di Tanah Suci, kita yang ingin melakukan aktivitas di luar penginapan, jangan lupa untuk membawa dan selalu menggunakan alat pelindung diri atau APD.

“Pertama yang dikenakan adalah payung. Selanjutnya ada kacamata. Ketiga, masker untuk menutupi mulut dan hidung,” ujarnya dalam siaran pers Kemenkes RI, Senin 17 Juni 2019.

Ketiganya itu wajib dikenakan dalam rangka menghindari suhu panas yang berlebih di Tanah Suci. Disarankan juga mengenakan alas kaki dengan bahan kain untuk mencegah kulit kaki merasakan suhu panas.

“Pilih alas kaki yang tidak berjepit. Lalu sediakan botol semprotan yang bisa dikalungkan di leher agar mudah dijangkau,” jelasnya.

Tak lupa juga untuk membawa tas kantong tempat menyimpan alas kaki saat ke masjid. Hal ini untuk mencegah jemaah yang lupa menempatkan alas kakinya di pintu masjid dan malah membuat kakinya melepuh akibat tak mengenakan alas kaki dari masjid menuju pondokan.

“Jangan lupa untuk selalu membawa kantong untuk menyimpan alas kaki. Jika memasuki masjid, bawa kantong dan jangan di tinggal di luar,” kata dia.

Mengantisipasi suhu udara yang cukup panas, jemaah haji wajib mengenakan beberapa alat pelindung diri (APD). (wan)