Sat. Jul 31st, 2021

DPR Minta Pemerintah Jalin Kerjasama Ekstradisi Dengan Singapura

Porosberita.com, Jakarta – Komisi III DPR RI meminta pemerintah menjalin kerjasama ekstradisi dengan negara tetangga khususnya Singapura dan Malaysia. Hal itu diperlukan untuk menangkap koruptor  asal Indonesia yang kabur ke negara tersebut

“Saya sudah usulkan dalam rapat dengan Kemenkumham agar jalin kerjasama ekstradisi dengan Singapura dan Malaysia. Karena banyak penjahat dan koruptor Indonesia larikan uangnya di sana,” kata anggota komisi III DPR Muslim Ayub di DPR, Jakarta, Rabu (3/7/2019).

Ayub mengungkapkan, pekan lalu Komisi III DPR sudah menyetujui kerjasama ekstradisi Indonesia dengan Iran. Karena itu, harusnya kerjasama tersebut dilakukan dengan negara-negara terdekat seperti Singapura.

“Usulan saya itu direspon baik oleh Kemenkumham dan akan lakukan penjajakan agar bagaimana hubungan dan kerjasama ekstradisi dengan Singapura bisa terjalin baik,” ujarnya.

Lebih lajut, Muslim mengatakan Komisi III DPR RI sudah menyampaikan kepada Kemenkumham agar terus melakukan pendekatan dengan Singapura agar setuju menjalin kerjasama ekstradisi.

Dia berharap penjajakan kerjasama itu harus terus dilakukan meskipun Singapura sebelumnya pernah menolak sehingga ditemukan jalan keluar yang baik.

Meski begitu, Muslim mengaku puhaknya tidak tahu apa yang menjadi kendala kebijakan ekstradisi itu belum berhasil dilakukan Indonesia. (wan)