Sun. Sep 22nd, 2019

Satgas SBJ 68/2019 Gelar Baksos Kesehatan di Nias Utara

Porosberita.com, Jakarta – Satuan Tugas (Satgas) Operasi Bakti TNI AL Surya Baskara Jaya (SBJ) 68/2019 dibawah pimpinan Kolonel Laut (P) Avianto Rooswirawan, S.E., M.Si., yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Amfibi (Dansatfib) Koarmada I menggelar kegiatan bakti sosial kesehatan dan pelayanan masyarakat di Nias Utara, Sumatera Utara, Sabtu (7/9).

Dansatgas SBJ 68/2019 menyampaikan bahwa kegiatan bakti sosial kesehatan dan pelayanan masyarakat di Nias Utara akan dilaksanakan selama 2 hari meliputi pelayanan kesehatan, pemberian bahan kontak, penyuluhan hukum, dan sosialisasi TNI AL.

“Diharapkan kegiatan tersebut tepat sasaran dan dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Untuk itu, dihimbau kepada perangkat lurah dan kepala sekolah yang telah menerima bantuan bahan kontak dari Kementrian Sosial dan Kementrian Pendidikan ini agar menyalurkannya secara adil dan merata sesuai dengan peruntukannya,“ ujar Kolonel Avianto.

Kegiatan bakti sosial kesehatan oleh Unsur Tugas Pelayanan Kesehatan (UT Yankes) di Rumah Sakit Pratama Lotu melayani sebanyak 144 pasien terdiri dari pengobatan umum 96 orang, gigi 14 orang, mata 20 orang, khitan 3 orang, obsgin 4 orang, hernia 2 orang, alat bantu kursi roda 3 orang, dan alat bantu dengar 2 orang.

Sementara itu, Unsur Tugas Pelayanan Masyarakat (UT Yanmas) melaksanakan beberapa kegiatan di Kecamatan Lahewa Kabupaten Nias Utara diantaranya promosi kesehatan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) di TK Muslimat NU dan SD Muhammadiyah Lahewa, penyuluhan TNI AL di MTS Swasta Persiapan Negeri Lahewa dan MA Swasta Lahewa, serta penyuluhan hukum kepada masyarakat nelayan di Kantor Kecamatan Lahewa.

Pada kegiatan tersebut, Dansatgas SBJ 68/2019 menyerahkan secara simbolis bingkisan sembako sebanyak 500 paket dan mesin genset kepada Kepala Dinas Kesehatan Nias Utara Yoniari Nazara, S.KM., dihadiri oleh Direktur Rumah Sakit Pratama DR. Warisman Lahaga dan Bupati Nias Utara Dermawani Gea, menyerahkan 50 paket perlengkapan sekolah kepada Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Lahewa Mirzam Guci, menyerahkan 50 paket perlengkapan sekolah dan peralatan olahraga kepada Kepala Sekolah MTS Swasta Persiapan Negeri Lahewa Asnani Tanjung, menyerahkan 200 paket perlengkapan sekolah dan peralatan olahraga kepada Kepala Sekolah MA Swasta Lahewa Hasan Akhfasy, serta menyerahkan bahan kontak sembako sebanyak 450 paket kepada Lurah Pasar Lahewa Amran Gulo.

Pada kesempatan tersebut, juga dilaksanakan sosialisasi untuk memperkenalkan TNI Angkatan Laut dan menarik minat generasi muda dengan membagikan brosur penerimaan prajurit dan poster TNI AL, majalah TNI AL, pemutaran film profil TNI AL, dan menampilkan tim fashion show seragam TNI AL dari ABK KRI Semarang-594. (rud)