Sun. Oct 17th, 2021

Safari Kepahlawanan DPP LVRI bersama PP. PPM

Porosberita.com, Yogyakarta – Untuk menjejaki,memahami, melestarikan dan sekaligus mengimplementasikan nilai-nilai Kepahlawanan dalam kehidupan masyarakat, utamanya generasi muda di era Milineal ini, sekaligus juga sebagai  rangkaian kegiatan memperingati Hari Pahlawan Tahun 2019, maka Dewan Pimpinan Pusat Legiun Veteran RI (DPP LVRI) mengajak  Pimpinan Pusat Pemuda Panca Marga (PP PPM)  menggelar safari Kepahlawanan dalam bentuk kegiatan ziarah dan kunjungan tempat-tempat bersejarah ke Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta Tanggal 18 – 22 November 2019, turut serta dalam kegiatan ini antara lain pengurus Persatuan Isteri Veteran RI (Piveri), dan Perwakilan dari Kemenhan RI, Rombongan dipimpin  Ketua Umum DPP LVRI Mayjen TNI (Purn) Syaiful Sulun dan Sekjen DPP LVRI  Marsda (Purn) TNI FX Soejitno, mempergunakan fasilitas Pesawat TNI AU dari Lanud Halim Perdana Kusuma, dengan tujuan pertama ke Lanumad Ahmad Yani Kota Semarang.

Dari rangkaian kegiatan tersebut, Di kota Semarang, rombongan berkesempatan bertatap muka dan mengunjungi sekaligus Ramah Tamah dengan  Ketua Markas Daerah LVRI Jawa Tengah Kolonel Purn H Amin Munadjad, Ketua Markas Daerah PPM Jawa Tengah Hj. Gatut Sari Chotijah dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Efendi, Ketua Umum DPP LVRI  menitipkan pembinaan Pemuda Panca Marga kepada Pangdam IV Diponegoro.

“Kami selaku bapak PPM sangat berharap adanya pembinaan terhadap anak biologis dan ideologis yakni putra-putri veteran RI agar dalam tugas pengabdiannya sejalan dengan cita-cita LVRI,” ucap Mayjen TNI Purn H. Syaiful Sulun.

Dalam Sambutan balasan, Ketua Markas Daerah (MADA) LVRI Jawa Tengah Kolonel (Purn )H Amin Munadjad dalam sambutan pun menjelaskan bahwa setelah ada penataan organisasi Pemuda Panca Marga (PPM) di tingkat pusat dengan terpilihnya Berto Izaak sebagai Ketua DPP PPM, maka LVRI sebagai bapak biologis dan ideologis hanya mengakui kepemimpinan yang sah, maka disebut lah PPM 24 karat.

Sementara itu, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi  yang hadir di acara tersebut, sangat  mengapresiasi kunjungan Ketua Umum DPP LVRI beserta Rombongannya , juga menyatakan terbuka. Sebagai pengemban otoritas pertahanan, pihaknya memiliki tanggungjawab menciptahan Jawa Tengah aman, nyaman dan kondusif.

“Jawa Tengah ini sangat kondusif, bisa dirasakan bagaimana kondisi Jawa Tengah. Karakter masyarakat Jawa Tengah masih memegang etika sopan santun, masih memiliki tepa slira dan mau mendengarkan apa kata sesepuh (orang yang lebih tua). Oleh karena itu, saya selalu mengedepankan semangat menjaga persatuan dan kesatuan sebagai modal mencapai kehidupan yang lebih baik. Tanpa persatuan dan kesatuan, sangat mustahil kita bisa hidup damai dan sejahtera”, ungkap Pangdam IV Diponegoro.

Usai acara ramah tamah tersebut, rombongan juga mengunjungi Klenteng Sam Poo Kong, Lawang Sewu, Masjid Agung Jawa Tengah, Museum Kereta Api Ambarawa, Museum Palagan Ambarawa dan sebelum meninggalkan Kota Semarang melakukan kunjungan ke Museum Perjuangan Mandala Bhakti.

Usai dari Jawa Tengah, romobongan melanjutkan perjalanan ke  Daerah Istimewa Jogyakarta Rombongan diterima Jajaran Markas Daerah LVRI dan Markas Daerah PPM Daerah Istimewa Jogyakarta,  serta Komandan Kodim 0734 Yogyakarta Kolonel Arh Zaenudin, SH MHum.

Saat kunjungan ke DI Yogjakarta, Ketua Umum DPP LVRI, Mayjen  TNI (Purn) Syaiful Sulun, juga menitipkan pembinaan Pemuda Panca Marga, sebagai anak biologis LVRI, agar dalam tugas pengabdiannya sejalan dengan cita-cita LVRI.

Sementara itu,  dari rangkaian kegiatan yang sudah berjalan tersebut Ketua Umum PP PPM Berto Izaak Doko, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat serta lebih mendekatkan kita generasi penerus pada nilai-nilai kejuangan para Pahlawan Bangsa.

“Ayahanda DPP LVRI telah mengajarkan kepada kita semua agar menghargai serta menghormati nilai – nilai kejuangan Pahlawan Bangsa yang telah dengan susah payah penuh pengorbanan memerdekakan Indonesia, sehingga kewajiban kita menjaga serta mewujudkan apa yang menjadi cita-cita mereka”, ujar Berto.

Selama di Jogyakarta Rombongan mengunjungi Museum Pusat TNI AD Dharma Wirata dan Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandara di Komplek Landasan Udara Adisucipto. Kegiatan diakhiri dengan ziarah Ke Makam Panglima Besar Jenderal Besar Sudirman di Makam Pahlawan Kusuma Negara Yogyakarta. (sur)