Sat. Sep 25th, 2021

DPP PKS Persilahkan DPD PKS Surakarta Usung Gibran

Porosberita.com, Jakarta – Dewan Pimpinan pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) mempersilahkan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Surakarta untuk mengusung putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, menjadi calon wali kota (cawalkot) Surakarta di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang.

“Ya silakan saja, tergantung suasana batin mereka di sana,” ujar Presiden PKS Sohibul Iman kepada wartawan di DPR, Jakarta,  Selasa (26/11/2019).

Menurutnya, sistem pengusungan nama calon kepala daerah di PKS harus melalui keputusan DPP PKS. Nantinya,  DPP PKS akan menunjuk satu dari beberapa nama calon yang akan diusulkan DPD PKS Surakarta di Pilkada 2020 mendatang.

Gibran sendiri sudah menyatakan kesediaan maju sebagai calon wali kota Solo dalam Pilkada Serentak 2020. Untuk itu,  Gibran mendaftar menjadi kader PDIP dan menemui  Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Kini, nasib Gibran di PDIP akan ditentukan oleh Megawati. ” Kami punya mekanisme penjaringan dalam pencalonan kepala daerah yang dimulai dari survei kandidat hingga pemetaan politik. Barulah nanti keputusan politik yang diambil Ibu Megawati,” jelas Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto beberapa waktu lau di kediaman Megawati di Jakarta. (wan)