Mon. Jun 21st, 2021

Gus Sholat Wafat

Gus Sholah

Porosberita.com, Jakarta – Ulama besar yang juga pengasuh pondok pesantren Tebu Ireng, Salahuddin Wahid atau Gus Sholah wafat. Anak kandung Gus Sholah, Ipang Wahid menjelaskan ayahandanya  mengalami gagal jantung.  Kabar duka itu disiarkan Ipang Wahid melalui akun twitternya. 

Ipang menjelaskan, Gus Sholah menghembuskan napas terakhir pada pukul 20,55 di rumah sakit jantung Harapan Kita, Jakarta. “Gus Sholah baru saja wafat, pada pukul 20:55,” tulisnya.

Tak lupa Ipang Wahid juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat dan kerabat jika ada kesalahan. “Mohon dimaafkan seluruh kesalahan. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu,” ujarnya.

Diketahui, Dr. (H.C.) Ir. H. Salahuddin Wahid atau Gus Solah lahir di Jombang, 11 September 1942 adalah seorang aktivis, ulama, politisi, dan tokoh Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia. Almarhum merupakan putra dari pasangan K.H. Wahid Hasyim (ayah) dengan Sholehah (ibu), dan adik kandung dari mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Ayahnya adalah putra dari pendiri Nahdlatul Ulama (NU), K.H. Hasyim Asy’ari

Gus Sholah pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada masa awal reformasi 1998. Selain itu, juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komnas HAM. Bersama kandidat presiden Wiranto, ia mencalonkan diri sebagai kandidat wakil presiden pada pemilu presiden 2004. Langkahnya terhenti pada babak pertama, karena menempati urutan ketiga.(wan)