Wed. May 27th, 2020

Filipina Tetapkan Bencana Nasional Untuk Virus Corona

Porosberita.com, Jakarta – Pemerintah Filipina menetapkan status bencana nasional selama enam bulan ke depan untuk menghadapi pandemi virus corona.

Menurut laporan kantor berita Filipina (PNA) dan dilansir CNN, Rabu (18/3), keputusan tersebut membuat negara menggelontorkan anggaran khusus yang disiapkan untuk kondisi darurat kepada pemerintah pusat dan daerah.

Pemerintah juga memerintahkan seluruh lembaga penegak hukum dan angkatan bersenjata ikut serta dalam menghadapi pandemi virus corona.

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, memutuskan menutup akses keluar dan masuk Manila bagi seluruh jenis transportasi demi mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) sejak Kamis pekan lalu

Duterte memperluas pembatasan hingga Pulau Luzon. Dia juga memberlakukan jam malam.

Pemerintah Filipina dilaporkan hanya memberi izin bagi satu warga di setiap rumah di ibu kota Manila untuk bepergian keluar selama isolasi untuk mencegah penyebaran virus corona berlangsung.

Sampai saat ini tercatat ada 187 kasus infeksi virus corona di Filipina. Sebanyak 14 orang di antaranya meninggal  Demikian dilansir dari CNN Indonesia.com. (nto)