Sun. May 9th, 2021

WHO Ingatkan Pencabutan Lockdown Bisa Bangkitkan Kembali Virus Corona

Porosberita.com, Jakarta – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan seluruh negara soal mencabut aturan atau pembatasan yang bisa menyebabkan virus corona bangkit lagi dan semakin mengkhawatirkan.

“Pencabutan pembatasan dapat menyebabkan kebangkitan yang mematikan.” Kata Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus saat jumpa pers.

Ia mencontohkan ‘perlambatan yang menggembirakan’ dari epidemi di sejumlah negara Eropa, seperti Italia, Jerman, Spanyol dan Prancis. Namun, di saat bersamaan tetapi terjadi pula ‘akselerasi yang mengkhawatirkan’ di negara lain termasuk transmisi komunitas di 16 negara Afrika, melansir Reuters, Jumat (10/4/2020).

China telah melakukan pencabutan lockdown. Status karantina di wilayah itu telah dicabut pada beberapa pekan lalu, tetapi kemudian kasus baru pun bermunculan.

Melihat apa yang terjadi pada China, beberapa negara akhirnya memperpanjang status karantinanya.

Inggris, misalnya. Wali Kota London Shadiq Khan termasuk pihak yang tak akan mencabut status karantina wilayah London karena dia memperkirakan bahwa corona di London masih akan memuncak penyebarannya  dalam waktu beberapa hari lagi. (nto)