Sun. Jul 5th, 2020

IPW Duga Rotasi Pati Polri Untuk Calon Kapolri

Porosberita.com, Jakarta – Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S. Pane, menduga rotasi besar-besaran perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen) di tubuh Polri tak lepas dari mencari calon pengganti Kepala Polri Jenderal Idham Azis. Pasalnya, Idham Azis akan berusia 58 tahun pada Januari 2021 nanti, sehingga  memasuki masa pensiun.

“Ya, bisa jadi itu bukan sekedar rotasi tapi juga untuk menyiapkan pengganti Pak Idham (Kapolri) yang akan memasuki masa pension sekitar Januari 2021 nanti,” kata Neta, Minggu (3/5/2020).

Seperti diketahui, pada 1 Mei 2020 kemarin, Kapolri Jendral Idham Azis merotasi merotasi 569 Pati dan Pamen pada 1 Mei 2020. Sejumlah jendral bintang tiga pun menempati pos baru.

Berikut para jenderal bintang tiga tersebut:

1. Komisaris Jenderal Boy Rafli Amar

Akpol lulusan 1988 B ini akan menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Sebelumnya, ia menjabat Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri. Ia akan pensiun pada 2023.

2. Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Listyo lulus Akpol 1991 ini adalah Kepala Badan Reserse Kriminal Polri ini. Dia merupakan mantan Ajudan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dia akan pensiun pada 2028.

3. Komisaris Jenderal Arief Sulistyanto:

Lulus Akpol 1987, kini menjabat Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri. Sebelumnya, sempat menjabat Kepala Badan Reserse Kriminal Polri.  Selain Itu, juga pernah jabat Direktur Tindak Pidana Khusus Badan Reserse Kriminal Polri dan Staf Ahli Bidang Manajemen Polri. Ia akan memasuki masa pensiun pada awal 2023.

4. Komisaris Jenderal Rycko Amelza Dahniel

Rycko lulus Akpol 1988 B, menjabat Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri. Sebelumnya, menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur dan sempat jadi ajudan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono. Rycko akan memasuki masa pensiun pada 2024.

5. Komisaris Jenderal Bambang Sunarwibowo

Bambang kini menjabat Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara (BIN). Sebelumnya, di posisi Deputi IV BIN Bidang Ekonomi Intelijen. Bambang akan pensiun pada 24 Mei 2024.

6. Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono

Gato lulusan Akpol Angkatan 1988 B. Saat ini menjabat Wakil Kepala Kepolisian RI. Sebelumnya, Ia pernah menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Gatot akan pensiun pada 2023.

7. Komisaris Jenderal Heru Winarko

Akpol angkatan 1985 ini merupakan mantan Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kepala Badan Nasional Narkotika (BNN) ini akan memasuki masa pensiun pada Desember 2020.

8. Komisaris Jenderal Agung Budi Maryato

Agung Budi lulus Akpol 1987 akan menjabat Analisis Kebijakan Utama Kabaharkam Polri. Sebelumnya, Agung Budi merupakan Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri. Ia juga pernah Kapolda Jawa Barat. Ia akan pensiun bersama pada 2023.

9. Komisaris Jenderal Dharma Pongrekun

Akpol angkatan 1988 ini merupakan Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Dharma pernah bertugas di bidang penindakan nakorba dan reserse kriminal umum. Ia juga tercatat sebagai staf pengajar utama di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Lembaga Pendidikan Polri. Dharma akan pensiun pada 2024.

10. Komisaris Jenderal Agus Andrianto

Agus menjabat sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri. Dia sempat menjabat Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri dan  menangani kasus penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Sebelumnya Kapolda Sumatera Utara dan akan pensiun pada 2025.

11. Komisaris Jenderal Firli Bahuri

Firli merupakan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi. Eks Kepala Badan Pemelihara Keamanan ini mendapat banyak penolakan saat tengah mengikuti seleksi calon Ketua KPK. Firli akan pensiun pada 2021 tepat pada 8 November saat usianya 58 tahun.

12. Komisaris Jenderal Moechgiyarto

Akpol lulusan 1986 ini menjabat Analisis Kebijakan Utama Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri. Dia akan pensiun pada 25 Mei 2020. (wan)