Thu. Jun 24th, 2021

Dua Kluster Bisa Jadi Episentrum Pandemi Corona

Porosberita.com, Jakarta – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Wabah Covid-19 Doni Monardo kluster Gowa dan pabrik harus diwaspadai bisa menjadi episentrum penyebaran wabah virus corona (Covid-19).

“Klaster yang diwaspadai menjadi epistentrum yakni Gowa, Jamaah Tabligh dan pabrik,” kata Doni saat melakukan konferensi pers di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (4/5/2020).

Namun, Doni tak menjelaskan pabrik mana yang menjadi kluster. Dia hanya mengatakan bahwa setelah mendapat masukan dari daerah Jawa Timur sebagian besar karyawan pabrik tersebut telah diistirahatkan dan telah melakukan rapid tes untuk memastikan penyebaran wabah corona di kalangan pekerja itu.

Diketahui, di Jawa Timur, kluster PT Sampoerna merupakan salah satu yang menjadi sorotan. Hal itu setelah Tim tracing Gugus Tugas Covid-19 Jawa Timur melakukan rapid test terhadap sekitar 500 karyawan Sampoerna yang dipusatkan di salah satu hotel di Surabaya.

Tindakan ini dilakukan setelah dua orang karyawan pabrik tersebut meninggal dengan status positif Corona pada 24 April lalu. Kini, kasus positif virus corona di pabrik rokok HM Sampoerna pun mencapai 65 orang.

Untuk itu, Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Gugus Tugas untuk ikut membantu menyelesaikan sejumlah kasus yang ada di Jawa Timur. Sehingga penanganan wabah ini bisa tertangani dengan baik, seperti yang telah dilakukan di beberapa wilayah di Jabodetabek. (sur)