Fri. Apr 19th, 2024

Dana Tunai Bansos Akan Diterima Melalui Kantor Pos dan Bank BUMN

Porosberita.com, Jakarta – Pemerntah pusat akan menyalurkan dana tunai bantuan sosial (bansos) untuk penanganan virus corona dengan cara transfer rekening ke bank BUMN dan kantor PT Pos Indonesia (Persero).

Menteri Sosial Juliari P Batubara menyatakan dana tunai Bansos sebesar Rp600 ribu per Kepala Keluarga tersebut akan diberikan kepada 9 juta kepala keluarga. “Untuk yang melalui kanto pos yang sedang berjalan diberikan kepada 1,8 juta kepala keluarga,” kata Julian mengutip Setkab, Minggu (10/5/2020).

Sementara dana yang ditransfer rekening bank BUMN sebanyak 785 ribu kepala keluarga. “Kalau kami tambahkan per 9 Mei, diharapkan bisa disalurkan untuk 2,6 juta kepala keluarga. Sebagian besar melalui kantor pos,” jelasnya.

Untuk nama-nama penerima manfaat melalui kantor pos akan diberikan lewat undangan yang jadwalnya sudah ditentukan. “Mereka akan dicek identitasnya untuk mendapatkan uang tunai Rp600 ribu di kantor pos,” jelasnya.

Bansos tersebut merupakan bagian dari bansos nonreguler yang dikhususkan untuk keluarga terdampak penyebaran virus corona. Bantuan diberikan selama tiga bulan dengan target penerima manfaat 9 juta keluarga berdasarkan data dari daerah tingkat dua, yaitu pemerintah kabupaten/kota.

“Jadi, kami memberikan keleluasaan, kelonggaran kepada seluruh kabupaten/kota untuk memberikan data keluarga-keluarga yang benar-benar terdampak di wilayahnya untuk kami berikan bansos tunai,” pungkasnya. (sur)

About Author