Sun. May 9th, 2021

Asrama Haji Pondok Gede dan Bekasi Dijadikan Lokasi Karantina Covid-19

Porosberita.com, Jakarta – Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, dan Bekasi akan dijadikan lokasi karantina bagi warga negara Indonesia (WNI) yang baru tiba dari luar negeri.

“Bapak Presiden tadi telah menyetujui untuk menggunakan asrama haji sehingga memudahkan pengawasannya” kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Doni Monardo , Senin, (11/5/2020).

Doni menjelaskan, selama ini petugas keamanan dan medis  kesulitan mengawasi secara optimal WNI yang baru tiba dari luar negeri. Misalnya, sejumlah anak buah kapal (ABK) yang kembali dari luar negeri disiapkan tempat di sejumlah hotel untuk menjalani karantina.

Lebih lanjut Doni menerangkan, para WNI yang baru tiba dan telah menjalani karantina, lalu dinyatakan negatif Covid-19 maka pemerintah akan mengatur kepulangan mereka ke daerah masing-masing.

“Metode tes yang akan digunakan adalah rapid test antibody menggunakan swap PCR,” ujarnya.

Sementara WNi yang positif Covid-19 akan langsung dibawa ke rumah sakit darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, atau Pulau Galang, Riau. “Untuk rempat karantina di Jawa Timur, di Surabaya, sedang dalam penyiapan ruang-ruang isolasi.” Pungkasnya. (wan)