Wed. May 19th, 2021

Pelni Kembali Buka Loket ke Sejumlah Rute Pelayaran

Porosberita.com, Jakarta – PT Pelni (Persero) membuka lagi pemesanan tiket kapal untuk sejumlah jurusan bagi calon penumpang yang memiliki syarat dokumen sesuai aturan pemerintah.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni, O. M. Sodikin mengatakan dari total 26 kapal penumpang yang dimiliki, kali ini Pelni baru akan mengoperasikan enam kapal.

Namun, penjualan tiket hanya akan dilayani untuk calon penumpang yang dapat menunjukkan dokumen persyaratan seperti yang diatur pemerintah.

“Dokumen perjalanan berdasarkan Surat Edaran yang telah ditetapkan, yang disertai dengan surat keterangan kesehatan dari pihak yang berwenang pada periode maksimal 7 hari sebelum keberangkatan,” kata Sodikin, lewat keterangan tertulis Sabtu (16/5/2020).

Guna menekan interaksi antara petugas kapal dengan penumpang, pemeriksaan tiket di atas kapal ditiadakan sementara bagi penumpang dengan tujuan port to port. Namun demikian, pemeriksaan tiket di atas kapal tetap dilakukan untuk kapal yang mempunyai trayek multiport dengan tetap memperhatikan metode physical distancing atau menjaga jarak fisik.

Adapun enam kapal yang dioperasikan, yakni KM Ciremai, KM Dobonsolo, KM Gunung Dempo, KM Nggapulu, KM Kelud, dan KM Egon. Kapal tersebut akan berlayar menuju Pelabuhan yang masih membuka aksesnya, yaitu Pelabuhan Tanjung Priok, Surabaya, dan Makassar dan melanjutkan dengan membawa muatan logistik.

Untuk diketahui, KM Ciremai berlayar dengan rute Tanjung Priok – Surabaya – Makassar – Ambon – Sorong – Biak – Jayapura – Sorong – Namlea – Baubau – Surabaya – Tg. Priok.

Sedangkan KM Dobonsolo kini melayani rute Tanjung Priok – Surabaya – Makassar – Ambon – Sorong – Serui – Jayapura – Sorong – Ambon – Namlea – Surabaya – Tg. Priok.

Kapal Motor Gunung Dempo melayani rute Tanjung Priok – Surabaya – Makassar – Ambon – Sorong – Biak – Jayapura – Sorong – Makassar – Surabaya – Tg. Priok.

KM Nggapulu melayani rute Tanjung Priok – Surabaya – Makassar – Baubau – Ambon – Banda – Tual – Dobo – Fakfak PP.

Adapun KM Kelud melayani rute Belawan – Batam – Tanjung Priok. Serta KM Egon kini melayani rute Waingapu – Lembar – Waingapu – Lembar – Surabaya – Lembar – Waingapu. (nto)