Sun. May 9th, 2021

Hingga H-2 Idul Fitri, Penyaluran BLT Dana Desa Baru Sekitar 31 Persen

Porosberita.com, Jakarta – Hingga hari ini atau H-2 lebaran idul Fitri, penyaluran Bansos Tunai (BLT) Dana Desa baru mencakup  3.802.367 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Jumlah itu hanya 31,6 persen dari target 12 juta KPM di 74.953 desa.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar mengaku ada kenaikan sebesar 1.333.342 KPM.

“Realisasi sudah sebanyak 3,8 juta keluarga miskin dengan total dana tersalur sebesar Rp2,281 triliun,” ujarnya dalam video conference, Jumat (22/5/2020).

Adapun dana yang telah disalurkan ke Rekening Kas Desa (RKD) sebanyak 56.993 desa. Artinya, sebanyak 76 persen desa telah siap menyalurkan BLT kepada keluarga penerima.


Untuk itu, Abdul meminta para kepala daerah untuk tak menunda penyaluran dana desa kepada warganya yang membutuhkan. Apalagi saat menjelang Lebaran seperti saat ini.

“Saya berharap Bupati dan Walikota melepas (kewenangan) sepenuhnya kepada desa agar desa melakukan percepatan BLT desa, jangan dihambat, banyak aturan. Saya dengar ada desa yg sudah mau cair semua tapi kepala daerah menghentikan dengan berbagai alasan,” katanya.

Seperti diketahui terdapat empat tahapan penyaluran BLT Dana Desa. Pertama, pendataan keluarga miskin. Kedua, musyawarah desa khusus untuk menetapkan daftar penerima BLT Dana Desa. Ketiga, pengesahan bupati terhadap daftar usulan KPM desa tersebut. Keempat, penyaluran BLT Dana Desa. (nto)