Sun. Jul 5th, 2020

Anies Perpanjanjang PSBB dan Bulan Juni Ditetapkan Fase Transisi

Porosberita.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk memperpanjang pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sampai batas waktu yang akan ditentukan kemudian. Selama bulan Juni ini, ditetapkan sebagai fase transisi.

“Kami di Gugus Tugas Covid DKI kita memutuskan untuk menetapkan status PSBB di DKI Jakarta diperpanjang dan menetapkan Juni sebagai masa transisi,” ujar Anies dalam konferensi pers di Balai Kota Jakarta, Kamis (4/6/2020)

Anies Menjelaskan, terkait masa transisi, maka kegiatan sosial ekonomi sudah bisa dilakukan secara bertahap dan ada batasan yang akan diterapkan.

Adapun masa transisi akan dimulai besok (Jumat, 5/6/2020) sampai batas waktu yang akan ditetapkan kemudian. “Masa transisi sampai selesai. Tidak disebutkan sampai kapan. Keputusannya akan disesuaikan perkembangan,” jelas Aines.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan DKI akan menerapkan pembatasan sosial berskala lokal untuk mengejar efektivitas PSBB di 62 RW yang masih berstatus merah karena penyebaran (Covid-19).

Riza mengatakan Pemprov DKI akan memperketat pembatasan gerak masyarakat di seluruh RW tersebut agar bisa segera bebas dari pandemi corona. Salah satunya pemakaian surat bagi warga yang hendak keluar masuk.

Diketahui hingga hari ini, jumlah kumulatif kasus positif virus corona di Jakarta mencapai 7.539 kasus. Dari jumlah itu 2.534 orang sembuh dan 529 orang lainnya meninggal dunia. Virus corona telah menyebar di 260 dari 267 kelurahan yang ada di Jakarta. (wan)