Sun. Jul 5th, 2020

Penyidik Kejagung Tahan 4 Tersangka Korupsi Danareksa

Porosberita.com, Jakarta – Kejaksaan Agung menahan empat tersangka terkait kasus korupsi di tubuh PT. Danareksa. Hingga saat ini, penyidik belum menghitung berapa kerugian negara dalam kasus tersebut.

Kasus itu sendiri terkait pemberian fasilitas pembiayaan PT Danareksa Sekuritas kepada PT Evio Sekuritas dan PT Aditya Tirta Renata pada 2014 hingga 2015 lalu.

“Setelah diperiksa, para tersangka langsung ditahan rumah tahanan negara (Rutan) untuk waktu selama 20 hari,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Hari Setiyono kepada wartawan, Rabu (3/6/2020).

Para tersangka masing-masing, Komisaris PT Aditya Tirta Renata Rennier A.R Latief yang juga pemilik modal pada PT Evio Sekuritas, Mantan Direktur Utama PT Danareksa Sekuritas Marciano Hersondrie Herman. Keduanya ditetapkan sebagai tersangka untuk pemberian dana pada dua perkara itu.

Kemudian, Direktur PT Aditya Tirta Renata Zakie Mubarak Yos, dan terakhir mantan Direktur Operasional Finance PT Danareksa Sekuritas Erizal bin Sanidjar Ludin yang ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara Danareksa-Aditya Tirta Renata.

“Para tersangka ditahan di Rutan Salemba Cabang Kejaksaan Agung RI untuk 2 orang Tersangka dari PT Aditya Tirta Renata dan Rutan Cipanang Cabang KPK untuk 2 orang Tersangka mantan pejabat PT Danareksa Sekuritas,” kata Hari.

Namun, Hari belum bisa merinci jumlah kerugian negara yang diakibatkan dalam perkara itu. Dia hanya mengatakan pemeriksaan para tersangka yang berujung pada penahanan itu dilakukan untuk melengkapi berkas perkara yang akan diajukan pada Jaksa Penuntut Umum untuk dibawa ke pengadilan.

“Guna menentukan dapat dan tidaknya suatu perkara diajukan ke pengadilan,” tutupnya. (wan)