Sun. May 9th, 2021

Bamsoet Minta Pemerintah Investigasi Soal Lonjakan Kenaikan Listrik di Tengah Pandemi Covid-19

Bamsoet

Porosberita.com, Jakarta – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta PT PLN (Persero) transparan terkait tagihan listrik masyarakat. Diapun meminta pemerintah untuk melakukan investigasi dibawah pengawasan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk menjawab keluhan masyarakat.

Bamsoet tegaskan, PLN tidak bisa merespons keluhan masyarakat hanya dengan bantahan, apalagi menyatakan tidak ada kenaikan tarif listrik di tengah kondisi pandemi virus corona (Covid-19).

“Kami mendorong PT PLN untuk transparan dalam memberikan data tagihan listrik kepada masyarakat, dari mulai jumlah pemakaian hingga tarif yang dikenakan. PLN tidak cukup hanya memberikan penjelasan yang menyatakan bahwa tidak ada kenaikan tarif listrik ,” kata Bamsoet dalam keterangannya, Jumat (12/6/2020).

Politikus Golkar ini meminta PLN dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tidak membebani masyarakat dengan tagihan listrik yang naik hingga dua atau tiga kali lipat.

Menurutnya, PLN dan Kementerian ESDM juga harus segera memberikan penjelasan dan solusi yang konkret bagi masyarakat terkait lonjakan tagihan listrik secara tiba-tiba di tengah aktivitas masyarakat yang banyak dilakukan dari rumah saat ini.

Untuk itu, Bamsoet juga meminta pemerintah melakukan proses investigasi bersama tenaga pencatat meter penggunaan listrik di bawah pengawasan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Investigasi perlu dilakukan, untuk menjawab protes dan keluhan masyarakat terkait tagihan listrik yang dianggap masyarakat tidak wajar. (wan)