Thu. Jun 24th, 2021

Bambang : KPK Melanggar Prinsip Keterbukaan Dengan Menggelar Rapat Tertutup Dengan DPR

Bambang Widjojanto

Porosberita.com, Jakarta – Ada potensi pelanggaran prinsip dilakukan oleh Komisi Pemberantsan Korupsi (KPK) yang menggelar rapat tertutup bersama DPR RI di gedng Merah Putih pada Selasa (7/7/2020).  Mantan Pimpinan KPK, Bambang Widjojanto menilai KPK melanggar prinsip keterbukaan.

Kemarin, untuk pertama kalinya DPR menggelar dengar pendapat atau RDP dengan pimpinan dan dewan pengawas KPK di gedung KPK, Kuningan, Jakarta.

“Tindakan rapat tertutup itu potensial dikualifikasi telah melanggar prinsip penting di dalam UU KPK yang melanggar azas keterbukaan,” kata Bambang lewat keterangan tertulis, Rabu (8/7/2020).

Bambang pun menminta DPR untuk menyampaikan secara terbuka alasan rapat digelar tertutup di gedung KPK tersebut. “Ini perlu dilakukan agar tidak terjadi fraud dan konflik kepentingan,” terangnya.

Bambang khawatir, akan muncul banyak tudingan miring dan pertanyaan-pertanyaan yang muncul di benak publik ihwal agenda rapat tersebut. “Wajar jika muncul pertanyaan di publik, apakah rezim KPK saat ini tengah bersekutu dan dibayangi kuasa kegelapan?,” cetusnya.

Di sisi lain, Bambang meminta para pimpinan KPK saat ini bisa menghentikan segala tindakan yang berpotensi dituduh sebagai “bersenda gurau” karena akan bisa kian menggerus kepercayaan publik pada lembaga antirasuah itu.  (wan)