Sun. May 9th, 2021

KPK Belum Tahu Keberadaan Harun Masiku

Harun Masiku sampai saat ini masih Buronan KPK

Porosberita.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejauh ini belum mendapat informasi keberadaan tersangka kasus korupsi yang juga kader PDIP Harun Masiku.

“Terus dilakukan pencarian dan pemberkasannya juga terus berjalan. Penyidikannya juga terus berjalan, bukan berarti kemudian tersangka belum ditemukan kemudian berkasnya berhenti,” ujar Juru Bicara KPK Ali Fikri, Sabtu (18/7/2020).

Menyinggung wacana Harun diadili secara in absentia, menurut Ali tim Jaksa Penuntut Umum KPK akan menganalisisnya terlebih dahulu. “Ada wacana in absentia, sekali lagi itu pilihan terakhir dari KPK ketika memang nanti setelah dianalisa lebih lanjut oleh tim JPU tentu akan bersikap apakah akan dilakukan in absentia atau tidak,” katanya.

Diketahui, KPK gagall menangkap Harun yang lolos saat OTT KPK pada 8 Januari lalu. Harun yang kini masuk Daftar pencarian Orang (DPO), Keberadaannya sempat simpang siur. Harun sempat ke Singapura pada 6 Januari dan disebut belum kembali lagi ke Indonesia.

Namun, baru pada 22 Januari, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM mengakui Harun sudah kembali ke Indonesia pada 7 Januari. Harun sudah berada di Tanah Air sehari sebelum OTT KPK. (wan)