Thu. Jun 24th, 2021

Anita Kolopaking Ditahan Bareskrim Terkait Surat Jalan Palsu Joko Tjandra

Anita Kolopaking

Porosberita.com, Jakarta – Mantan pengacara Joko Tjandra,  Anita Dewi Anggraeni Kolopaking atau Anita Kolopaking akhirnya resmi ditahan Bareskrim Polridalam kasus surat jalan palsu Djoko Tjandra.

 “Selama 20 hari ke depan yang bersangkutan ditahan di Rutan Bareskrim,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Awi Setiyono, (Sabtu/8/2020).

Awi menjelaskan, penahanan Anita dilakukan seusai menjalani pemeriksaan di Bareskrim. Dalam pemeriksaan itu, Anita dicecar 55 pertanyaan.

Sebelumnya, tersangka pembuatan surat jalan palsu Joko Tjandra, Anita Kolopaking diperiksa Badan Reserse Kriminal atau Bareskrim Polri.

Anita yang juga mantan pengacara Joko Tjandra didampingi tiga pengacara diperiksa sebagai tersangka terkait kasus surat jalan palsu Djoko Tjandra yang menyeret Brigadir Jenderal Prasetijo Utomo.

“Yang bersangkutan didampingi tiga pengacara. Saat ini masih menunggu bagaimana hasil pemeriksaannya,” Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Awi Setiyono melalui konferensi pers pada Jumat  (7/8/2020).

Anita Kolopaking merupakan salah satu kuasa hukum terpidana kasus korupsi hak tagih Bank Bali, Djoko Tjandra. Ia ditetapkan sebagai tersangka dengan Pasal 263 Ayat (2) dan Pasal 223 KUHP setelah diduga terlibat dalam pembuatan surat jalan palsu untuk Djoko Tjandra yang diterbitkan oleh Brigadir Jenderal Polisi Prasetijo Utomo.

Anita sedang menjalani pemeriksaan sejak pukul 10.30 WIB oleh penyidik di Subdit V Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri. Sebelumnya, dia diketahui tak hadir atau mangkir dari pemeriksaan pertama pada 4 Agustus 2020.

Anita tidak bisa memenuhi panggilan polisi karena ada kegiatan di Kantor Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Jakarta Timur. (wan)