Sun. May 9th, 2021

Sedang Dibesuk Anak, Pemeriksaan Jaksa Pinangki Ditunda

Jaksa Pinangki dan mantan pengacara Joko Tjandra, Anita Kolopaking

NasionalPos.com, Jakarta  – Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri harus menjadwalkan ulang pemeriksaan Jaksa Pinangki Sirna Malasari terkait kasus Djoko Tjandra. Alasannya, pemeriksaan bertepatan dengan jadwal besuk anak pinangki.

Pinangki sudah mendekam di Rumah Tahanan Kejaksaan Agung. “Yang bersangkutan minta dijadwal ulang. Karena, hari ini jadwal anaknya membesuk,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Awi Setiyono kepada wartawan, Kamis (27/8/2020).

Soal kapan jadwal pemeriksaan Pinagki, Awi belum bisa memastikannya. “Nanti kami lihat tanggal berapa,” ujarnya.

Sebelumnya, Jaksa Pinangki Sirna Malasari dikabarkan menolak diperiksa oleh Badan Reserse Kriminal Polri dalam kasus Djoko Tjandra.  “Saya mendapat laporan, itu (pemeriksaan) belum bisa berlangsung karena Pinangki menolak,” kata Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Khusus Febrie Ardiansyah, di kantornya, Jakarta, Kamis (27/8/2020) seperti dikutip Tempo.co.

Febrie mengatakan kejaksaan telah mempertemukan penyidik Bareskrim dengan Pinangki. Kejaksaan menyediakan tempat di Gedung Bundar untuk penyidik Bareskrim melakukan pemeriksaan itu.

“Kami pertemukan penyidik Bareskrim dengan Pinangki, kami belum tahu kenapa penolakan itu,” kata dia.

Febrie belum dapat memastikan apakah pemeriksaan akan tetap berjalan hari ini atau ditunda. Ia berharap Pinangki mau diperiksa. “Kami berharap seharusnya Pinangki memberikan keterangan untuk bisa terang ini semua,” ujar dia.

Kejaksaan Agung telah menetapkan Pinangki menjadi tersangka penerima suap dari Djoko Tjandra terkait pengurusan fatwa bebas dari Mahkamah Agung. Belakangan, Bareskrim yang juga melakukan penyidikan terkait kasus Djoko Tjandra meminta izin untuk memeriksa Pinangki. Jaksa Agung disebut telah memberikan izin Pinangki diperiksa di Kejaksaan Agung pada hari ini. (wan)