Sun. May 9th, 2021

Gema Cita Dukung JakWIFI Yang Diluncurkan Anies Sebagai Solusi PJJ

Sekjen Gema Cita, Hilman Firmansyah

Porosberita.com, Jakarta – Sekretaris Jenderal Gerakan Masyarakat Cinta Jakarta (Gema Cita), Hilman Firmansyah mendukung program JakWIFI Akses Internet Gratis untuk semua masyarakat Jakarta yang diluncurkan Gubernur DKI Jakarta Anies rasyid Baswedan.

Hilman menilai, program tersebut merupakan salah satu solusi meringankan beban biaya pendidikan pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang selama ini dikeluhkan orang tua siswa. Pasalnya, para orang tua siswa terpaksa harus membeli pulsa untuk mengakses internet untuk pendidikan anaknya.

“Kami dukung program JakWIFI Akses Internet Gratis itu, karena merupakan solusi bagi para orang tua siswa yang selama masa pandemi Corona ini mengalami kesulitan ekonomi. Para orang tua siswa terbebani dengan biaya pulsa yang mahal khususnya bagi masyarakat ekonomi menengah ke bawah,” kata Hilman di Jakarta, Sabtu (29/8/2020).

Diketahui, dalam rangka memberikan kemudahan akses internet bagi semua, serta menuju standar pelayanan kota berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terutama di era pandemi, Gubernur Anies Baswedan meluncurkan program JakWIFI – Internet untuk Semua.

JakWIFI adalah program peningkatan kualitas pelayanan publik, khususnya di bidang TIK melalui perluasan titik wifi gratis di daerah-daerah yang tidak terjangkau layanan internet gratis.

JakWIFI memenuhi kebutuhan warga Jakarta antara lain : mengakses jaringan internet gratis untuk pendidikan Siswa sebanyak 1,7 juta siswa yang saat pandemi covid-19 menjalani proses belajar lewat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Sektor Komunikasi warga, sektor layanan pemerintah, sektor ekonomi berbasis e-commerce.

Jaringan JakWIFI saat ini tersedia 4956 titik akses antara lain: Gedung pemerintahan, Sekolah Negeri, Taman, RPTRA dll. Secara Bertahap Pemprov DKI akan menyediakan 9000 titik akses di 5 wilayah kota dan kabupaten berkolaborasi dengan perusahaan penyedia Jasa telekomunikasi.

Terkait itu, Hilman berharap agar penyediaan akses internet gratis bagi warga melalui Program Internet Untuk Semua – JakWIFI ini bisa menjadi langkah awal dalam hal transformasi digital warga Jakarta sebagai respon untuk mengoptimalkan kesempatan di tengah menghadapi pandemik Covid-19 serta mengurangi beban biaya pendidikan siswa pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).  (wan)