Fri. Jan 15th, 2021

Jubir JK Bantah Keterlibatan JK Dengan Kepulangan HRS

Jusuf Kalla

Porosberita.com, Jakarta – Juru bicara mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Husain Abdullah menegaskan kepulangan Habib Rizieq Shibab (HRS) ke Indonesia tidak ada sangkut pautnya dengan JK. JK bahkan tidak pernah berkomunikasi dengan HRS atau orang-orang terdekatnya.

“Saya ingin menegaskan, Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 M Jusuf Kalla tidak punya sangkut paut dengan kepulangan Habib Rizieq Shihab. Pak JK tidak pernah mengkomunikasikan ataupun mendanai kepulangan HRS,” kata Husain dalam keterangan pers, Minggu (22/11/2020).

Karena itu, Husain menyatakan pihaknya tak terima jika ada yang menggiring opini bahwa kepergian JK ke Mekkah dikaitkan dengan kepulangan HRS. Sebab, JK punya urusan lain selain beribadah umrah. Namun, di sosial media justru ramai mengaitkan JK dengan kepulangan HRS.

Husain menjelaskan bahwa lawatan JK akhir Oktober lalu 2020 bersamaan dengan menemui pemimpin umat Katolik Paus Fransiskus di Vatikan dalam rangka penjurian pemberian gelar Sayeed Award for Human and Fraternity.

Pemberian gelar itu digagas Paus Fransiskus dengan Imam Besar Al-Azhar Syeikh Ahmad Al Tayeb. Selanjutnya, JK melanjutkan perjalanan ke Riyadh, Saudi Arabia, untuk menyaksikan penandatanganan perjanjian kerja sama pembangunan Museum Rasulullah Muhammad SAW yang akan dibangun di Jakarta.

“Sebagai negara Pancasila, kita wajib menghargai dan menghormati warga negara Indonesia yang melaksanakan ritual ibadah keagamaannya dan kiranya tidak dinodai dengan fitnah murahan,” pungkasnya. (wan)