Setelah Miranda, Giliran Boediono Digarap KPK Terkait Century

43

Porosberita.com, Jakarta – Mantan Wakil Presiden, Boediono  diperiksa pentidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus kasus Bang Century. Namun, usai diperiksa, Boediono memilih bungkam.

Boediono diperiksa penyidik KPK selama tiga jam, bergegas meninggalkan wartawan yang menanyakan perihal materi pemeriksaan. “Saya tidak akan berikan statement, karena saya percaya bahwa nanti KPK yang berikan, makasih ya,” elak Boediono di kantor KPK, Jakarta (16/11/2018).

Terpisah, Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengungkapkan bahwa Boediono  telah dimintai keterangan terkait kasus Bank Century khususnya persidangan Budi Mulya (mantan Deputi Gubernur BI Bidang 4 Pengelolaan Moneter dan Devisa). “Jadi, ada kebutuhan permintaan keterangan terkait dengan fakta-fakta yang muncul terkait persidangan dengan terdakwa Budi Mulya atau hal lain yang diperlukan dan relevan,” jelasnya.

Meski begitu, Febri pun menolak menjelaskan lebih jauh keterangan apa saja yang digali dari Boediono. “Saya tidak bisa sampaikan lebih jauh karena prosesnya masih penyelidikan,” kilahnya.

Menurutnya, dalam kasus ini sudah ada 21 orang yang dimintai keterangan. Mulai dari unsur BI, kementerian, hingga swasta. Sel;anjutnya, KPK masih akan memanggil pihak lainnya untuk dimintai keterangan.

Sebelumnya, sejumlah pihak juga telah diminta keterangan untuk kasus ini. Mantan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Miranda Swaray Goeltom juga sudah diperiksa terkait kasus Century ini.

Sejauh ini, KPK masih menelusuri kasus dugaan korupsi atas pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) pada Bank Century dan penetapannya sebagai bank gagal berdampak sistemik. (wan)