Terkait Hoax Ratna Sarumpaet, 6 Anggota DPR Diadukan ke MKD

103

Porosberita.com, Jakarta – Sebanyak enam anggota DPR RI diadukan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Pasalnya, mereka dianggap ikut menyebarkan informasi hoax yang dibuat aktivis perempuan Ratna Sarumpaet.

“Mereka tidak bisa cermat menjaga perilakunya sebagai anggota dewan. Bahkan kalau kita lihat pernyataan beliau misalnya Fadli Zon, ‘bagaimana tindakan ini biadab’,” tutur Saor Siagian dari Advokat Pengawal Konstitusi di gedung DPR, Kamis (4/10/2018).

Adapun mereka yang dilaporkan adalah Fadli Zon, Fahri Hamzah, Rachel Maryam dan Mardani Ali Sera. Dengan menyebar hoax, mereka dinilai tidak mencerminkan perilaku anggota dewan terhormat.

Menurutnya, sebagai anggota DPR mereka seharusnya mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi, sebelum mereka menyampaikannya kepada publik. Sehingga publik tak terkena hoax.

Untuk itu, MKD didesak tidak lama-lama untuk menyidangkan dugaan pelanggaran etik ini. Hal itu karena Indonesia saat ini tengah dirundung duka karena adanya berbagai bencana.

“Ketika bangsa ini sedang berduka soal tsunami di Palu, kami berharap sebenarnya memberikan kesejukan. Malah anggota dewan ini memberikan informasi yang menyesatkan, hoax. Itu urgensinya. Publik berharap anggota MKD, supaya segera diproses,” pungkasnya. (wan)