Anies – Gatot Masuk Bursa Capres-Cawapres PAN

19

Porosberita.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo masuk dalam bursa kandidat capres atau cawapres Partai Amanat Nasional (PAN) dalam Pilpres 2019 nanti.

Ketua DPP PAN, Yandri Susanto mengakui bahwa suara PAN di parlemen memang tidak cukup 20 persen, sehingga mustahil mengusung capres-cawapres jika tidak berkoalisi dengan partai lainnya.

Karena itu, pihaknya intens membangun komunikasi politik dengan Gerindra untuk mengusung duet Prabowo – Zulkifli Hasan. “Kami sadar diri bahwa suara PAN di parlemen tidak mencapai 20 persen. Makanya, kami intens komunikasi dengan Partai Gerindra untuk mengusung Prabowo Subianto-Zulkifli Hasan,” ungkap Ketua DPP PAN, Yandri Susanto di Jakarta, Selasa (10/6/2018).

Meski begitu, PAN juga membuka diri bagi figur diluar kader. Disitulha muncul nama Anies Baswedan dan Gatot Nurmantyo untuk maju sebagai capres atau cawapres pada Pilpres nanti.

“Untuk calonj diluar kader, bisa Anies-Gatot atau Gatot-Anies. Namun, kedua nama tersebut masih dalam pembahasan antara Gerindra dan PAN. Kecenderungan PAN mengusung calon di luar Jokowi,” jelasnya.

Yandri pun menyatakan jika pada akhirnya Prabowo berpasangan dengan Anies, maka PAN siap memberikan dukungan.

Soal komunikasi poltik, Yandri juga mengak menjalin komunikasi dengan Partai Golkar. Bahkan, Golkar dan PAN memiliki peluang untuk berkoalisi.

“PAN-Golkar juga punya peluang membentuk koalisi. Ini lantaran jumlah kursi PAN dan Golkar cukup untuk mengusung pasangan capres-cawapres sesuai dengan ambang batas capres atau presidential threshold sebesar 20 persen berdasarkan amanat UU Pemilu,” tuturnya. (wan)