Pemerintahan Jokowi – JK Tinggal Setahun Lebih, Istana Kembali Angkat Stafsus Presiden

113
Jokowi - jk

Porosberita.com, Jakarta – Meski Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) – Jusuf Kalla (JK) tinggal setahun lebih, namun Presiden Jokowi kembali mengangkat empat staf khusus (stafsus). Keempat stafsus tersebut akan membantu presiden dibidang keagamaan, komunikasi dan ekonomi.

Adapun keempat stafsus Presiden tersebut yakni stafsus bidang acara keagamaan domestik di pondok pesantren Abdul Ghofar Rozin, stafsus bidang keagamaan internasional Siti Ruhaini Dzuhayatin, stafsus Presiden bidang komunikasi kementerian dan lembaga Adita Irawati, serta stafsus bidang ekonomi Ahmad Erani.

Para stafsus yang baru tersebut masing-masing Adita  Irawati merupakan mantan VP Corporate Communication Telkomsel.

Stafsus bidang keagamaan internasional, Siti Ruhaini Dzuhayatin merupakan Komisioner HAM Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Sementarastafsus khusus acara keagamaan domestik yakni Abdul Ghofar Rozin merupakan putra Kiai Sahal, Rais Aam Pengurus Besar NU.

Sedangkan stafsus bidang ekonomi yakni Prof Ahmad Erani merupakan mantan Dirjen Pembangunan Kawasan Pedesaan Kemendes.

Menurut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, keempat staf khusus Presiden tersebut ditunjuk berdasarkan Keppres yang sudah ditandatangani dan sudah mulai berlaku.

“Iya ada empat stafsus baru. Mereka nggak perlu dilantik. Sudah mulai kerja, kemarin koordinasi dengan Mensesneg dan saya. Administrasi manajerial di bawah Seskab,” tutur Pramono di Istana Presiden, Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Pramono menjelaskan, penambahan stafsus Presiden ini dilakukan dengan mempertimbangkan banyaknya persoalan yang harus diselesaikan oleh Presiden

Seperti diketahui, Pemerintahan Jokowi – JK dilantik oleh Majelis Permusyaratan Rakyat (MPR) atau gabungan antara Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Pertimbangan Daerah (DPD) pada hari Senin, 20 Oktober 2014. Mereka akan memegang tampuk pemerintahan selama lima tahun sehingga akan berakhir tanggal 20 Oktober 2019. (wan)