Politekhnik Bhakti Kartini Berbasis Tekhnologi Digital Taraf Internasional Hadir di Bekasi

441
Kampus Politekhnik Bhakti Kartini di Kota Bekasi.

Porosberita.com, Jakarta – Untuk menjawab kebutuhan global terkait tenaga kerja berkualitas, tak lama lagi akan hadir sebuah perguruan tinggi Politekhnik (Poltek) Bhakti Kartini. Perguruan tinggi berbasis tekhnologi digital yang bertaraf internasional ini berlokasi di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Poitekhnik Bhakti Kartini yang berlamat di Jalan Caringin No. 8 Jembatan 14, Bojong Menteng Rawa Lumbu – Kota Bekasi  17117 ini didrikan dan dikelola oleh Yayasan Amal Bhakti.

Adapun gedung kampus seluas 5.000 M2 didirikan di atas lahan 11.000 M2. Kampus ini rencananya mulai beroperasi pada tahun akademik 2018/2019 ini.

Ketua Yayasan Amal Bhakti Dra. Hj. Neneng Djarkaesih Nurman, MARS

Ketua Yayasan Amal Bhakti Dra. Hj. Neneng Djarkaesih Nurman, MARS mengungkapkan alasan memilih Kota Bekasi sebagai lokasi kampus, diantaranya karena Kota Bekasi merupakan salah satu kota yang berada dalam lingkungan megapolitan Jabodetabek dan telah menjadi kota besar keempat di Indonesia.

“Saat ini kota Bekasi berkembang menjadi kawasan sentra industri dan kawasan tempat tinggal kaum urban, Kota ini sering sebut sebagai Kota Patriot.. Itulah alasan mengapa Kota Bekasi kami pilih sebagai lokasi Kampus Poltekhnik Bhakti Kartini,” tutur Neneng kepada wartawan di Bekasi, Rabu (2/5/2018).

Untuk diketahui, Yayasan Amal Bhakti juga telah mendirikan dan mengelola rumah sakit, klinik, apotik dan SMK (Sekolah Menengah kejuruan) di Kota Bekasi.

Calon Direktur Poltek Bhakti Kartini, Dede Supriatna, S.Sos,MM

Dijelaskan calon Direktur Poltek Bhakti Kartini, Dede Supriatna, S.Sos,MM bahwa kampus yang akan dipimpinnya memiliki empat program studi )Prodi), yakni :

  • DIII Farmasi
  • DIII Manajemen Loistik
  • DIII Administrasi Rumah Sakit
  • DIV Multimedia

Menurutnya, kehadiran Kampus Politekhnik Bhakti Kartini ini memiliki visi dan misi ;ayalnya perguruan tinggi lainnya. Namun, yang membedakan adalah kemampuan untuk mencetak tenaga yang tak hanya memiliki karakter dan kepribadian, tapi juga memiliki kecakapan khusus sesuai kebutuhan dunia kerja.

“Pendidikan vokasi sebenarnya adalah pendidikan yang menganut sistem multi entry-multi exit, dan pendidikan yang berorientasi pada pembentukan karakter, budaya kerja, kepribadian, skill, knowledge, perilaku serta berbagai kecakapan hidup (life skill) sesuai tuntutan kebutuhan dunia kerja. Itulah visi dan misi kami mendirikan dan mengelola kampus ini,” terangnya.

Karena itu, lanjutnya, salah satu unggulan kampus ini adalah pemanfaatan tekhnoligi. Pemanfaatan teknologi dalam sistem pendidikan di Poltek Bhakti Kartini  merupakan langkah transformasi digital yang diambil untuk menjadi kampus digital dengan konsep Bhakti Kartini “Digital Working Space,”

Ditambahkan praktisi Pendidikan Tinggi Kota Bekasi yang juga salah satu calon pimpinan Poltek Bhakti Kartini,  M. Azhari, SE, MM bahwa\tak dapat dipungkiri pada era teknologi saat ini, pemanfaatan teknologi menjadi hal yang utama.

Praktisi Pendidikan Tinggi Kota Bekasi yang juga salah satu calon pimpinan Poltek Bhakti Kartini, M. Azhari, SE, MM

“Inilah kelebihan Poltek Bhakti Kartini yang memperkenalkan sistem pendidikan digitalisasi dalam  program pendidikannya,  Dimana Setiap mahasiswa memiliki akses ‘My Poltek’, yaitu sistem administrasi berupa status akademik, status Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), dan penilaian dapat dilhat secara online,” papar Azhari.

Azhari melanjutkan, dengan sistem pendidikan digitalisasi itu, maka pelayanan administrasi mahasiswa tentu dilaksankan secara digital. Hal itu memudahkan mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan informasi dan fasilitas kampus

Selain itu, kata Azahri, Poltek Bhakti Kartini  juga menggunakan sistem ‘U Learning’ dalam proses Perkuliahan, Untuk  itu, setiap mahasiswa Poltek Bhakti Kartini akan diberikan satu buah ‘Teb’ untuk proses perkuliahan.

Perjanjian Kerjasama Antara Yayaasan Amal Bhakti/ Poltek Bhakti Kartini dengan Perusahaan dari Korea Selatan

Lebih jauh, Azhari memaparkan sejumlah prodi yang ada di Poltek Bhakti kartini, kompetensi dan prospek kerja bagi alumninya.

  1. Program Studi Farmasi D3

Kompetensi :

o             Kompetensi dalam bidang pelaksanaan pelayanan kesehatan di bidang Farmasi Menguasai pelaksanaan pelayanan kefarmasian di Apotek,  Rumah sakit, Puskesmas.

o             Kompetensi dalam pelaksanaan produksi sediaan Farmasi Menguasai pelaksanakan teknologi pembuatan sediaan Farmasi meliputi sediaan padat diantaranya tablet, kapsul. Sediaan semipadat diantaranya cream, salep, suppositoria. Sediaan Cair meliputi suspensi, emulsi, larutan, sirup.

o             Kompetensi dalam pelaksana dan pemasaran sediaan farmasi

Menguasai pelaksanaan teknik pendistribusian dan pemasaran sediaan Farmasi

o             Kompetensi sebagai penyuluh dan sumber informasi kesehatan di bidang farmasi Menguasai pelaksanaan penyuluhan di bidang farmasi ( baik yang berkaitan dengan penelitian dan pengabdian masyarakat)

o             Kompetensi sebagai pelaksana pengumpulan dan pengolahan data untuk penelitian

Menguasai pelaksanaan kegiatan pelaksana pengumpulan dan pengolahan dan data untuk penelitian

o             Kompetensi sebagai pelaksana pengelolaan Obat. Menguasai pelaksanaan pengelolaan obat sektor pemerintah dan swasta.

Prospek Kerja :

Lulusan D3 Farmasi memiliki peluang kerja pada rumah sakit negeri dan swasta, Puskesmas,  apotek, pedagang besar farmasi, Industri Farmasi & kosmetik, Kementerian Kesehatan (PNS), Poliklinik dan Balai Pengobatan, penyalur alat Kesehatan,Distributor bahan-bahan kimia, penanggung jawab toko obat.

 

  1. Program Studi Manajemen Logistik D3

Kompetensi :

  • Mampu menangani pekerjaan dan pemecahan permasalahan dalam operasional logistik seperti distribusi, transportasi, warehousing, cargo & shipping, inventory, purchasing (procurement),  goods inspections, logistic information services, customer service & satisfaction, perdagangan internasional.
  • Mampu menangani pekerjaan dan pemecahan permasalahan dalam administrasi logistik seperti klaim angkutan, prosedur dan ketentuan perpajakan, kepabeanan, prosedur export-import dan perdagangan internasional, perhitungan resiko dan asuransi.
  • Menentukan cara ekspor : ekspor biasa/ barter/konsinyasi dan lainnya.
  • Dapat mengidentifikasi dan klasifikasi barang untuk nilai pabean.
  • Mengerti larangan dan pembatasan ekspor / impor
  • Bisa melaksanakan jasa perbangkan.
  • Menentukan dan melaksanakan jasa angkutan.
  • Memilih dan melaksanakan jasa asuransi.

Prospek Kerja :

Kompetensi ini dibutuhkan pada jabatan operasional  logistik dan administrasi logistik di Instansi  Pemerintah (PNS) /BUMN/ rumah sakit dan Perusahaan Swasta , Staff Exspor/Import , Usaha jasa courier/ekspedisi dan bisnis on line ( Perdanan digital).

 

  1. Program Studi Administrasi Rumah Sakit D3

Kompetensi :

  • Dibekali dengan pengetahuan, etika profesi, ketrampilan, kepekaan dan kemampuan seperti berikut ini.
  • Kemampuan melaksanakan tugas administrasi/manajerial rumah sakit dan sebagai staf pimpinan tingkat atas dan menengah.
  • Kemampuan mengelola informasi untuk kebutuhan pengambilan keputusan oleh pimpinan dan Kemampuan menyampaikan gagasan altenatif pemecahan masalah administrasi/manajerial.
  • Kemampuan menggunakan komputer baik untuk pengolahan kata maupun data dalam rangka sistem informasi rumaha sakit maupun melaksanakan completed staff work.
  • Kemampuan membina kerja sama dan kekompakan dalam melaksanakan tugas administrasi/manajerial rumah sakit.
  • Kemampuan dasar dalam pengelolaan keuangan, akuntansi, logistik, SDM, pemasaran dan peralatan/perlengkapan.
  • Kemampuan mengelola administrasi pelayanan rumah sakit, dan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan maupun praktik mandiri.
  • Kemampuan mengelola administrasi pembiayan pelayanan kesehatan.
  • Kemampuan mengelola administrasi informasi kesehatan dan biomedik di fasilitas kesehatan maupun praktik mandiri.
  • Memiliki rasa tanggung jawab dan tanggung gugat.
  • Kemampuan meningkatkan kepuasan pengguna jasa kesehatan melalui identifikasi harapan dan kinerja pelayanan jasa kesehatan.

Prospek Kerja :

Lulusan D3 Manajemen Pelayanan Rumah Sakit dapat bekerja dan berkarir di Instansi Pemerintah atau Swasta (Rumah Sakit, Puskesmas, Poliklinik, Dinas Kesehatan Pusat dan Daerah, fasilitas kesehatan, dsb) di Indonesia maupun di Mancanegara

 

  1. Program Studi Multimedia D4

Kompetensi :

  • Memiliki kemampuan di bidang broadband multimedia dengan penekanan pada broadband communication dengan muatan multimedia yang mampu mengaplikasikan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dengan menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan secara umum dan khusus dalam bidang broadband multimedia.
  • Mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural di bidang broadband multimedia, mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok, serta bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Prospek Kerja :

Kompetensi ini dibutuhkan pada jabatan planning, desainer, pelaksana di bidang Telekomunikasi Broadband Multimedia pada operator jasa telekomunikasi baik di pemerintahan maupun perusahan nasional atau asing.  (wan)