Awal Ramadhan Ditetapkan Kamis 17 Mei 2018

97

Porosberita.com, Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan secara resmi 1 Ramadhan jatuh pada Kamis (17/5/2018). Hal itu diumumkan Kemenag berdasarkan hasil Sidang Itsbat di Gedung Kemenag, Jakarta, Selasa (15/5) malam.

Saat membacakan ketetapan tersebut, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin didampingi perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdulllah Jaidi, Ketua Komisi VIII Ali Taher, dan Dirjen Bimas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin.

Menurut Lukman, ketetapan itu diambil setelah pihaknya mempertimbangkan sejumlah pendapat dalam sidang Itsbat yang dihadiri oleh perwakilan dari 74 ormas Islam, Komisi VIII, MUI, LAPAN, dan perwakilan negara-negara sahabat.

Lukman menjelaskan, berdasarkan metode rukyat dan hisab, maka peserta sidang telah sepakat untuk menjalani puasa pada 17 Mei 2018. “Dengan demikian, tanggal 1 Ramadhan jatuh pada hari Kamis 17 mei 2018. Itulah keseimpulan rapat sidang Istbat yang diikuti pimpinan ormas-ormas Islam dan Mui, dan perwakilan dari negara-negara shabat,” ujar Menteri Lukman dalam konferensi pers di Gedung Kemenag, Jakarta, Selasa (25/5) malam.

Lukman melanjutkan, posisi hilal di seluruh Indonesia masih di bawah ufuk dan dari 32 pelaku rukyatul hilal tidak ada satu pun yang melihat hilal. Berdasarkan laporan itu, maka bulan Sya’ban disempurnakan dengan cara Istiqmal menjadi 30 hari, sehingga malam ini ditetapkan tanggal 30 Sya’ban.

Dengan ketetapann yang dikeluarkan berdasarkan hasil Sidang Itsbat ini, maka Ormas NU dan Muhammadiyah, Persis serta Ormas Islam lainnya akan menjalani ibadah puasa secara bersamaan pada Kamis (17/5/2018) lusa. (nto)