Sat. Dec 4th, 2021

Kantong Plastik di Ritel Berbayar Rp200 Mulai Berlaku 1 Maret

Porosberita.com, Jakarta – Terhitung mulai 1 Maret 2019 akan menerapkan kebijakan kantong plastik berbayar di semua gerai anggota Asosiasi Pengusaha Ritel (Aprindo).

Ketua Umum Aprindo Roy Mandey mengaku kebijakan tersebut dilakukan demi mengajak masyarakat bijak dalam menggunakan kantong belanja plastik.

Selain itu, Kebijakan tersebut juga demi menanggulangi peningkatan jumlah sampah plastik yang belakangan ini semakin menjadi.

“Dengan kebijakan ini, konsumen kami sarankan untuk menggunakan tas belanja pakai ulang yang juga disediakan di tiap gerai ritel modern melalui pengumuman poster, sosial media dan ajakan langsung dari kasir,” katanya dalam pernyataan di Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Lebih lanjut, Roy mengatakan kantong plastik yang kini menjadi barang dagangan tersebut nantinya akan memberikan sumbangan kepada negara dalam bentuk Pajak Pertambahan Nilai (PPn). Keberadaan sampah plastik di Indonesia saat ini sudah mengkhawatirkan.

Sebelumnya, Menko Kemaritiman Luhut B Panjaitan engungkapkan bahwa berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan kementeriannya, sampah plastik telah mencemari banyak lautan Indonesia.

Luhut mencontohkan, pencemaran sampah plastik terjadi di Makasar. Sampah plastik tersebut bahkan sudah mencemari ikan di daerah tersebut hingga 22 persen. (sur)