Thu. Mar 28th, 2024

Seruan Pemilu Damai dari Tokoh Lintas Agama

Porosberita.com, Jakarta – Sejumlah tokoh lintas agama berkumpul dan menyerukan pemilu damai . Merke meminta agar seluruh masyarakat Indonesia tidak terjebak dalam pertikaian yang membawa perpecahan bangsa.

Mereka meminta masyarakat meski berbeda pandangan politik untuk tetap mengutamakan persaudaraan, kerukunan, persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain itu, para tokoh agama juga berdoa agar Tuhan Yang Maha Esa memberikan kekuatan lahir batin kepada bangsa Indonesia untuk mengokohkan dan membangun persatuan serta terhindar dari perpecahan.

Turut hadir dalam acara itu, masing – masing perwakilan dari MUI, KWI dan Sagin, Persatuan Gereja Indonesia (PGI), Matakin dan Permabudhi.

“Kami berharap pesta demokrasi yang berlangsung lima tahun sekali ini berlangsung aman dan damai. Jangan sampai pemilu menjadikan kita tercerai berai, ini adalah tugas kebersamaan kita dalam kehidupan ini,” ujar Ketua Ketua Bidang Pendidikan dan Kaderisasi Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Abdullah Jaidi di Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Romo Agustinus Heri Wibowo dari Konferensi Waligereja Indonesia juga meminta semua pihak untuk menggunakan hak pilihnya secara bertanggung jawab demi kelangsungan kehidupan bangsa dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Semua pihak harus dapat menahan diri dari perilaku menebar kebencian, permusuhan dan pertenangan, baik dalam ucapan mau pun perbuatan,” tuturnya.

Sementara, Bhikkhu Bhadra Nyanamano dari Sangha Agung Indonesia (Sagin) mengatakan bangsa Indonesia harus sadar terlahir dari berbagai macam perbedaan baik agama, budaya dan lainnya.

“Perbedaan itu yang membentuk kepribadian negara kesatuan Indonesia yang tentu memilki cara pandang yang penuh kearifan,” ujarnya. (rud)

About Author