Sat. Dec 4th, 2021

NasDem Sindir PAN Tidak Konsisten

Johnny G. Plate

Porosberita.com, Jakarta – Partai NasDem nilai PAN tidak konsisten. Dimasa kampanye Pilpres 2019, PAN kerap sebut program Jokowi bodoh, sekarang PAN malah ingin masuk kabinet Jokowi = Ma’ruf.

“Silakan melihat kembali perjalanan kampanye selama hampir sembilan bulan. Apa yang disampaikan [PAN] ke publik, bagaimana pendapatnya? Lalu seolah membodoh-bodohkan programnya Jokowi,” kata Sekjen NasDem Johnny G. Plate kepada wartawan di DPR, Jakarta pada Kamis (4/7/2019).

Karena itu, Johnny mengungkapkan bahwa sampai saat ini pihaknya belum mengajak PAN untuk bergabung ke dalam koalisi Jokowi-Ma’ruf. Menurutnya, Jokowi baru sebatas mengajak pihak yang kalah dalam kontestasi Pilpres 2019 dan segenap elemen masyarakat untuk membangun negara secara bersama-sama.


Johnny pun menyarankan agar PAN konsisten menjadi partai politik yang menguatkan koalisi, bukan melemahkan bila dengan  bergabung dalam koalisi partai politik pendukung Jokowi – Ma’ruf.

“Jokowi sudah tahu apa pendapat partai koalisi. Kami ingin menjaga demokrasi yang sehat, tidak mesti semuanya dalam kabinet. Ada juga yang di luar kabinet untuk menjadi penyeimbang dan oposisi konstruktif,” katanya.

Sebelumnya, muncul wacana di internal PAN yang ingin bergabung dengan koalisi pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi.

Alasannya,  mayoritas pengurus Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PAN se-Indonesia menginginkan partai bergabung ke “Betul memang mayoritas (ingin bergabung ke Jokowi) begitu. Aspirasi dari para pengurus DPW itu disampaikan saat bertemu Ketum (Zulkifli Hasan),” tuturnya.

Viva lantas menyebut ada 30 dari 34 DPW PAN hadir dan menyatakan aspirasi kepada Zulhas agar PAN bergabung ke Jokowi – Ma’ruf. (wan)