Sat. Sep 25th, 2021

Pansel Tutup Pendaftaran, Sebanyak 384 Capim KPK Telah Mendaftar

Porosberita.com, Jakarta – Sebanyak 384 orang mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK). Pendaftaran melalui surel (e-mail) telah resmi ditutup Panitia Pansel pada pukul 23.59 WIB, Kamis (4/7/2019).

“Sampai jam 23.59 tadi malam, batas akhir pendaftaran via email jumlah pendaftar mencapai 384 orang,” kata anggota Pansel KPK, Hendardi kepada wartawan lewat pesan singkat, Jumat (5/7/2019).

Diketahui, setelah waktu pendaftaran calon pimpinan KPK secara manual ditutup pada Kamis (4/7/2019) pukul 16.00 WIB, panitia menerima 348 nama pendaftar. Pendaftaran kali ini dilakukan sekitar dua pekan, mulai dari 17 Juni hingga 4 Juli 2019.

Sementara itu, anggota Pansel KPK Harkristuti Harkriswono menjelaskan sampai saat ini belum bisa membeberkan profil para pendaftar. Ia menyebut pihaknya baru bisa mengumumkan nama-nama pendaftar pada 11 Juli mendatang yaitu saat pengumuman hasil seleksi administrasi.

Adapun yang lolos seleksi berkas akan mengikuti uji kompetensi seminggu setelah 11 Juli. Kemudian sepekan setelahnya pansel akan mengumumkan kelulusan uji kompetensi.

Selanjutnya, mereka harus ikut psikotes umum, setelah itu baru masuk ke situs yang profile assesment.

“Setelah itu ada tahapan yang diberi nama uji publik;” jelasnya.

Ditambahkan Harkristuti, uji publik ini dilakukan oleh para peserta agar masyarakat mengetahui seperti apa sosok calon pemimpin dan kapabilitas yang mereka miliki. Tim pansel saat ini masih mempertimbangkan format uji publik seperti apa yang akan digunakan. (wan)