Sun. Dec 5th, 2021

JK Sarankan Pengusaha Millenial Tak Masuk Kabinet

Porosberita.com, Jakarta – Pasca pertemuan Prabowo dan Jokowi di Stasiun MRT di Lebak Bulus, Jakarta, kini nama-nama calon menteri kabinet Jokowi – Ma’ruf makin ramai diperbincangkan. Tak ketinggalan dari sosok millenial yang muncul adalah mewakili kalangan pengusaha sukses.

Namun, Wapres Jusuf Kalla (JK) punya pendapat sendiri soal kalangan millenial yang sukses di bidang entrepreneur. Menurut JK, sosok pengusaha muda sebaiknya jangan dipaksakan masuk ke pemerintahan.

Dia mencontohkan Chief Executive Officer yang juga Founder GO-JEK, Nadiem Makarim, disebut-sebut masuk kandidat menteri Jokowi dari kalangan milenial. “Jangan anak-anak muda yang sukses di bisnis didorong-dorong jadi birokrat. Jangan, lebih penting dia tetap bisnis saja,” ujar JK usai bertemu Nadiem di kantor Wapres, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Menurut JK, sosok Nadiem itu sudah sukses menjadi pengusaha yang membanggakan Indonesia. Sehingga, perlu didukung penuh untuk tetap menggeluti bidang usahanya. “Dia sudah terbukti di bidangnya. Orang seperti Nadiem ini yang di Indonesia bagus di luar negeri bagus,” sambung JK.

Dijelaskan JK, secara garis besar tugas seorang menteri yakni mengambil keputusan, mengeksekusi keputusan sesuai dengan program. Artinya, ruang geraknya menjadi terbatas.

“Menteri ini terbatas bidangnya. Yang dibutuhkan bangsa ini entreprenuer. Kalau jadi menteri banyak yang mau, kalau entrepreneur tidak banyak,” ujarnya. (nto)