Wed. Aug 4th, 2021

Wapres JK Perintahkan TNI Tumpas KKSB Papua

Porosberita.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) perintahkan TNI untuk menumpas gerakan separatis di Kabupaten Nduga, Papua. Perintah JK itu, menyusul penyerangan Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) yang menewaskan prajurit TNI di Kabupaten Nduga, Papua .

“Separatis namanya kalau begitu, tentu kita akan berpegang kepada TNI, pemerintah pusat tidak bisa menerima seperti itu,” tegas JK di kantornya, Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Sebelumnya, KKSB yang diduga dari kelompok Egianus Kogoya melakukan penembakan di wilayah proyek pembangunan jembatan Sungai Yuguru, Kabupaten Nduga, pada Sabtu (20/7/2019) lalu. Akibat serangan ini, satu anggota TNI tewas tertembak.

Anggota TNI sendiri sudah berusaha membalas tembakan dan melakukan pengejaran terhadap KKSB. Namun, dengan pertimbangan keamanan karena medan yang sangat tertutup dan banyak jurang yang curam, maka pengejaran dihentikan.

Menurut JK, selama ini pemerintah telah berupaya menyelesaikan konflik yang terjadi dengan cara damai. Namun ia tak menampik bahwa prajurit TNI yang bertugas di Nduga dapat menyerang balik anggota KKSB jika memang kelompok tersebut tak mau berdamai.

“Tentu yang terbaik menyelesaikan secara damai. Tapi kalau tidak mau damai, hanya menyerang, tentara harus membalas, ya kan?” tandas JK.

JK menjelaskan, pemerintah selama ini selalu mengevaluasi proses pengamanan di lokasi tersebut. Nyatanya, kelompok separatis itu secara terang-terangan terus menyerang proyek infrastruktur pemerintah.

Di sisi lain, JK juga menyampaikan belasungkawa pada prajurit TNI yang tewas akibat serangan KKSB. JK pun meminta agar nantinya perlu kerja sama dari pemerintah daerah untuk memastikan pengamanan di lokasi tersebut. Termasuk proses evakuasi warga di sekitar lokasi yang terdampak peristiwa. (wan)