Tue. Nov 30th, 2021

Masterplan Hingga Pembangunan Konstruksi Ibukota Baru Rampung 2024

Porosberita.com, Jakarta – Rencana induk (masterplan) pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur akan rampung pada akhir 2020. Sedangkan pembangunan konstruksi fisik ditargetkan selesai 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan  Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas) Bambang Brodjonegoro dalam konferensi pers di Istana Negara, Senin (26/8/2019). “2020 akhir mulai konstruksi, kami harapkan paling lambat 2024 proses pemindahan sudah dilakukan. Pemindahannya akan ada tahapannya, tentu nanti kami detailkan progres pembangunannya,” ujar Bambang

Menurut Bambang, setelah Presiden Jokowi mengumumkan pemindahan ibu kota, maka tahap selanjutnya adalah menyiapkan naskah akademik yang menjadi dasar rancangan undang-undang (RUU) untuk ibu kota baru tersebut.

Sedangkan dalam fase penyusunan masterplan, pemerintah menyiapkan desain kota, desain gedung, dasar aturan hingga penyediaan lahan. Sampai akhirnya, fase pembangunan infrastruktur dilakukan pada akhir 2020.

Bambang menjelaskan fokus kebijakan hanya pada pemindahan pusat pemerintahan. Sementara DKI Jakarta akan tetap menjadi pusat bisnis dan keuangan berskala internasional.

Terkait pembangunan infrastrukturnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur dilakukan dengan tiga klaster.

Pertama, mendesain kawasan sendiri dan menentukan tata ruang yang akan rampung pada 2020.

Kedua, prasarana dasar seperti jalan dan air, termasuk pembangunan bendungan. Untuk itu, pemerintah sudah dapat beberapa lokasi bendungan.

Ketiga, membangun gedung pemerintahan sendiri dengan memenuhi kebutuhan struktural.

Adapun pembangunan konstruksinya kira-kira memakan waktu tiga sampai empat tahun untuk selesaikan jalan, waduk, air, sanitasi, dan gedung-gedung. (nto)