Wed. Aug 4th, 2021

Dirut Garuda Tolak Dicopot

Ari Askhar

Porosberita.com, Jakarta – Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara dikabarkan menolak dipecat oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Ari Askhara dicopot lantaran lantaran kedapatan menyelundupkan komponen motor Harley Davidson dan dua sepeda baru Brompton.

Setelah dinyatakan dipecat, Ari Askhara sendiri, sampai saat ini belum mau buka suara terkait tuduhan yang ditujukan kepadanya. Namun, beredar sebuah video di media sosial yang isinya penolakan  Ari dicopot dari jabatannya. Ia bahkan menantang Erick Thohir.

Video itu diunggah oleh akun Twitter @kurawa. Dalam video itu juga terlihat jika Ari berbicara di hadapan karyawan dan jajaran direksi Garuda di suatu acara.

Dalam video, yang viral, Jumat (6/12/2019), dia mengatakan, “Saya mendapatkan gosip katanya saya mau mengundurkan diri 15 Desember, saya nyatakan di sini kalau saya tidak akan mundur.”

Ari meminta saran dan masukan dari atasan dan bawahan terhadap kinerjanya selama ini. “Kritik saya sebanyak-banyaknya saya sebagai manusia biasa,” kata Ari.

Sebelumnya, Erick Tohir menegaskan, selain mencopot Ari Askhara,  ia juga kan terus mengusut skandal penyelundupan sepeda motor Harley Davidson di pesawat Garuda sampai tuntas dijalur hukum.

“Jadi bukan hanya perdata tapi juga pidana. Ini yang memberatkan,” ujar Erick Thohir di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis  (5/12/2019).

Erick Thohir mengungkapkan, temuan itu berawal dari laporan Komite Audit yang menunjukkan adanya kesaksian tambahan bahwa I Gusti Ngurah Askhara diduga merupakan pemilik sepeda motor Harley Davidson yang diselundupkan melalui pesawat A300-900 neo. Pemesanan itu didului dengan komitmen pembayaran awal, skema pembayaran ini dilakukan melalui transfer dari Ari ke nomor rekening Finance Manager Garuda Indonesia di Amsterdam.

Ari meminta bantuan seseorang berinisial IJ. IJ diduga merupakan petinggi Garuda Indonesia yang namanya ada dalam manifes penumpang pesawat pengangkut kargo gelap GA 9721 A300-900 Neo yang terbang perdana dari Prancis menuju Jakarta. IJ membantu proses pengiriman barang dari luar negeri hingga tiba di Jakarta.

Menyusul skandal penyelundupan Harley Davidson secara sistematis oleh Garuda Indonesia, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga telah melayangkan surat sanksi administrasi kepada maskapai pelat merah itu. Sanksi diberikan akibat tindakan Direktur Utamanya, Ari Askhara yang melakukan penyeludupan onderdil motor Harley Davidson dan barang mewah lainnya bernilai miliaran rupiah. (wan)