Fri. Apr 19th, 2024

Jubir Wapres Ralat Rencana Pertemuan Dengan HRS

Maruf Amin

Porosberita.com, Jakarta – Rencana pertemuan Wapres Ma.ruf Amin dengan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab (HRS) batal. Juru Bicara Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi meralat pernyataannya soal rencana pertemuan tersebut tak lama setelah PDIP menilai dialog itu tidak penting dilaksanakan.

Masduki menyatakan sampau saat ini belum ada rencana pertemuan antara Ma’ruf dengan Habib “Sampai saat ini, Wapres belum memiliki rencana atau agenda untuk bertemu dengan HRS. Wapres juga belum pernah mengeluarkan pernyataan, juga belum pernah memiliki inisiatif untuk bertemu dengan HRS,” kata Masduki, dalam keterangannya, Sabtu (21/11/2020).

Masduki mengaku kabar rencana pertemuan Ma’ruf dengan Habib Rizieq memang dilontarkan dirinya. Karena saat itu, ada pertanyaan wartawan terkait dengan kemungkinan pertemuan tersebut yang kemudian diresponnya.

“Dengan demikian, berita Wapres siap bertemu HRS mesti diluruskan. Kembali kami sampaikan sebagai penegasan, sampai saat ini, Wapres belum memiliki rencana atau agenda dan juga belum memiliki Inisiatif untuk bertemu HRS,” tuturnya.

Kemarin, Masduki merespons saran sejumlah pihak yang meminta Wapres untuk berdialog dengan Habib Rizieq. Menurutnya, Wapres menyatakan bersedia bertemu dengan Habib Rizieq jika memang ada usulan dari masyarakat.

“Jadi, Wapres, saya kira, terhadap gagasan pertemuan, ya Wapres tidak masalah ketemu Habib Rizieq. Wapres welcome ya, tidak masalah,” kata Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi, (Jumat 20/11/2020).

Beberapa saat lalu, Politikus PDIP, TB Hasanuddin justru menilai rencan pertemuan Wapres Ma’ruf Amin dan Habib Rizieq Shihab tak perlu dilakukan.

“Rencana Wapres Ma’ruf Amin meski baru dari pernyataan juru bicaranya untuk menemui Rizieq Shihab baiknya ditunda. Wapres tidak perlu menemui Rizieq dulu karena kurang pas situasinya ,” kata anggota Komisi I DPR RI ini melalui keterangan tertulis, Sabtu (21/11/2020).

Menurutnya, persoalan Rizieq Shihab dan FPI lebih baik diserahkan dulu ke aparat kepolisian. Ia meyakini bahwa Habib Rizieq Shihab akan kooperatif dan akan menghadapi persoalan hukumnya dengan baik.

“Baiknya diselesaikan oleh aparat di bawah saja dulu. Ini kan soal hukum yang harus ditegakkan. Serahkan saja kepada aparat di bawah. Lagipula apa yang mau dibahas, kalau islah, islah soal apa? Kalau mau rekonsiliasi, rekonsiliasi soal apa?” ujarnya.

Selain itu, TB Hasanuddin menyatakan Rizieq Shihab tidak pernah ada niatan bertemu dengan Wapres.

“Lah, ya Rizieq Shihab juga belum tentu mau ketemu Wapres, kan ngeman-ngemani (menyayangkan) kalau Wapres yang berinisiatif bertemu,” ujarnya. (wan)

About Author