Fri. Jul 1st, 2022

Biden Menyatakan Tak Akan Ubah Kebijakan Dagang Trump Terhadap China

Joe Biden

Porosberita.com, Jakarta – Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden tidak akan merubah kebijakan perdagangan era Donald Trump terhadap China.

Dilansir New York Times (NYT) pada Rabu (2/12/2020), Biden menegaskan tidak akan mencabut kesepakatan dagang fase 1 yang ditandatangani oleh Trump. “Saya tidak akan melakukannya segera, dan hal yang sama berlaku untuk tarif,” ujar Biden.

Biden menyatakan, strategi terbaik untuk menghadapi China adalah dengan menempatkan sekutunya di halaman yang sama.

Menurutnya, AS akan tetap menindak praktik dagang kasar China, termasuk mencuri kekayaan intelektual hingga pemaksaan adanya transfer teknologi.

Untuk diketahui, Trump dibuat geram dengan aksi China karena tidak mengindahkan hak intelektual membuatnya memberlakukan serangkaian peningkatan tarif impor yang dibalas hal yang serupa oleh Beijing

Dalam kesepakatan dagang fase 1, China sepakat untuk meningkatkan pembelian produk AS setidaknya sebesar 200 miliar dolar AS selama 2020 hingga 2021.

Kesepakatan yang ditandatangani pada awal 2020 itu juga memberlakukan tarif 25 persen pada sejumlah produk China senilai 250 miliar dolar AS, dan tarif balasan China untuk barang AS sebesar lebih dari 100 miliar dolar AS. (nto)