Sun. Oct 24th, 2021

Airlangga Optimis Ekonomi Indonesia Tumbuh Positif di Kuartal IV-2020

Airlangga Hartarto

Porosberita.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto optimistis ekonomi Indonesia kembali tumbuh positif pada kuartal IV-2020. Keyakinan itu muncul setelah sebelumnya dua kuartal berturut-turut eknomi Indonesia mengalami kontraksi atau masuk zona negatif.

Airlangga memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada periode IV-2020 akan berada di kisaran minus 2 persen hingga 0,6 persen. “Kuartal IV diperkirakan minus 2 persen sampai positif 0,6 persen,” ujar Airlangga secara virtual, Senin, (14/12/2020).

Menurutnya, perkiraan itu didasari atas terjadinya perbaikan ekonomi Indonesia sejak kuartal III-2020 ke posisi minus 3,49 persen dari kuartal II minusnya mencapai 5,32 persen.

“Ini menunjukkan pertumbuhan quartal to quartal kita 5,05 persen,” ujarnya..

Lebih lanjut, ia mengatakan pembalikan tersebut menunjukkan bahwa kontraksi ekonomi Indonesia telah berhasil bangkit dari titik terdalamnya akibat pandemi COVID-19.

Penyebabnya, dari sisi permintaan maupun penawaran telah berhasil kembali bergerak. Konsumsi rumah tangga ditegaskannya sudah pulih dan PMI Manufaktur Index juga sudah di fase ekspansi.

“Terkait dengan PMI Manufaktur di berbagai negara sudah mulai positif dan di Indonesia juga sudah 50,6,” katanya.

Sementara dari sisi belanja pemerintah pusat, lanjutnya, juga terus terakselerasi melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang telah 63,3 persen dari pagu Rp695,2 triliun.

“Agar sektor usaha atau industri khususnya UMKM dapat terus bertahan selama pandemi COVID dan diharapkan 2021 untuk mengakselerasi pemulihan dan transformasi ekonomi,” katanya. (nto)