Sun. Oct 24th, 2021

Rijal Kobar Korlap Aksi 1812 Minta Massa Bubarkan Diri

Rijal Kobar

Porosberita.com, Jakarta – Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi 1812, Rijal Kobar menegaskan dia telah meminta massa untuk membubarkan diri dari kawasan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

“Tadi sekitar pukul 14.00 WIB, saya minta ke kawan-kawan untuk mundur dan pulang ke rumahnya masing-masing,” kata Rijal kepada wartawan di Tanah Abang, Jumat (18/12/2020).

Karena itu, Rijal menyayangkan aksi aparat gabungan yang berupaya membubarkan massa aksi 1812. Apalagi, aksi 1812 sudah memenuhi prosedur hukum yakni dengan mengajukan pemberitahuan ke Polda metro jaya beberapa hari sebelum aksi digelar.

“Persoalannya saya harus bertanggung jawab harus membubarkan massa. Ya ngga bisalah. Karena semuanya terpecah. Aksi ini legal kok. Kami sudah memberikan pemberitahuan. Dalam undang-undang aksi hanya pemberitahuan bukan minta izin,” kata Rijal.

Namun, Polisi membubarkan aksi dan tak memberi izin sebelum aksi digelar. Alasannya, saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19 dan orang dibatasi untuk berkumpul. Aksi unjuk rasa di sekitar Patung Kuda di Jalan Medan Merdeka Barat dilakukan oleh massa pendukung Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

Aksi itu rencananya akan menuntut pembebasan Habib Rizieq Shihab yang kini ditahan polisi di Polda Metro Jaya yang dituding melanggar protocol Kesehatan dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan puteri HRS di Petamburan, Jakarta dan Mega mendung, Jawa Barat.

Selain itu, massa aksi juga menuntut penuntasan kasus dugaan pelanggan Hak Asasi Manusia (HAM) berat terkait penembakan 6 Laskar FPI oleh polisi. (wan)