Tue. Aug 3rd, 2021

Wakabareskrim Masuk Bursa Capim KPK

Porosberita.com, Jakarta – Wakil Kepala Bareskrim Polri, Inspektur Jenderal Pol Antam Novambar masuk bursa calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) 2019-2023.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengungkapkan ada sembilan nama perwira tinggi (Pati) Polri yang bakal menjadi Capim KPK. Namun, seluruh nama-nama itu belum final dan masih dalam proses seleksi internal.

“Yang sudah masuk ada nama-nama tapi belum final, masih dalam pemeriksaan internal. Jadi, masih ada tahapan pemeriksaan administrasi tentang kompetensi dan rekam jejak,” kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Sembilan pati Polri ikut seleksi Capim KPK diketahui berdasarkan lampiran Surat Kapolri Nomor B/722/VI/KEP/2019/SSDM bertanggal 19 Juni 2019. Surat yang beredar ini ditandatangani oleh Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Eko Indra Heri.

Berdasarkan lampiran surat tersebut, berikut nama-nama pati yang menjadi kandidat untuk mendaftar ke Capim KPK:

1.Wakabareskrim Polri, Irjen Pol Antam Novambar

2. Pati Bareskrim Polri, Irjen Pol Dharma Pongrekom

3. Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri, Irjen Pol Coki Manurung

4. Analis Kebijakan Utama Bidang Polair Baharkam Polri, Irjen Pol Abdul Gofur

5. Pati Bareskrim Polri, Brigjen Pol Muhammad Iswandi Hari

6. Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri, Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto

7. Karosunluhkum Divkum Polri, Brigjen Pol Agung Makbul

8. Analis Kebijakan Utama Bidang Bindiklat Lemdiklat Polri, Brigjen Pol Juansih

9. Wakapolda Kalimantan Barat, Brigjen Pol Sri Handayani

Lebih lanjut Dedi menyatakan, jika proses internal telah selesai, maka Polri akan memberikan nama calon tersebut kepada panitia seleksi (pansel) Capim KPK.

Adapun, untuk seleksi internal akan berlangsung hingga batas waktu pendaftaran, yakni 4 Juli mendatang. Nama yang dicalonkan bakal diumumkan sebelum pendaftaran ditutup. (wan)