Mon. Sep 28th, 2020

Hong Kong Tutup Perbatasan China Untuk Cegah Virus Corona

Porosberita.com, Jakarta – Pemerintah Hong Kong memutuskan menutup sejumlah perbatasan dan perlintasan dengan China daratan demi mencegah penyebaran virus corona. Keputusan itu diambil setelah masyarakat Hong Kong menekan pemerintah untuk mengambil langkah menghadapi wabah tersebut.

“Langkah ini kami ambil untuk memastikan pengendalian pos perbatasan dan menekan jumlah pelintas batas,” kata Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam, seperti dilansir CNN, Senin (3/2/2020).

Lam menyatakan menutup pos perbatasan dengan China di Lo Wu, Lok Ma Chau serta pelabuhan kapal feri Hong Kong-Macau pada tengah malam nanti.

Pemerintah Hong Kong memutuskan tetap membuka bandara internasional, perbatasan Teluk Shenzhen, dan jembatan yang menghubungkan Hong Kong-Zhuhai-Macau.

Langkah Lam ini juga diambil setelah pekerja medis di Hong Kong menyatakan mogok massal selama lima hari sejak hari ini, jika pemerintah tidak menutup perbatasan dengan China untuk mengantisipasi wabah virus corona. Namun, dia menyangkal dugaan itu.

“Hal ini tidak ada hubungannya dengan mogok kerja selama lima hari yang dilakukan oleh pekerja medis,” ujar Lam.

Sampai saat ini 362 orang meninggal akibat wabah virus corona. Sedangkan penduduk yang terjangkit mencapai 17,384, sebagian besar berada di China. Demikian dilansir dari CNN indonesia.com. (nto)